PENGARUH FAKTOR RISIKO DAN PROTEKTIF TERHADAP RESILIENSI PADA NARAPIDANA DAN TAHANAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS I SURABAYA Ditinjau dari Perilaku Impulsif dan Penyalahgunaan Zat sebagai Faktor Risiko serta Kondisi Ekonomi dan Pengasuhan Orangtua sebagai Faktor Protektif

Rendi Bagus Himawan, 11141113305 (2019) PENGARUH FAKTOR RISIKO DAN PROTEKTIF TERHADAP RESILIENSI PADA NARAPIDANA DAN TAHANAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS I SURABAYA Ditinjau dari Perilaku Impulsif dan Penyalahgunaan Zat sebagai Faktor Risiko serta Kondisi Ekonomi dan Pengasuhan Orangtua sebagai Faktor Protektif. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari perilaku impulsif dan penyalahgunaan zat sebagai faktor risiko dan kondisi ekonomi dan pengasuhan orangtua sebagai faktor protektif terhadap resiliensi narapidana dan tahanan di Rumah Tahanan Negara Klas I Surabaya. Resiliensi merupakan konstruk psikologis yang memiliki dua dimensi, yaitu penyelesaian masalah yang dihadapi dan adaptasi secara positif terhadap lingkungannya. Penelitian ini dilakukan dengan sampel yang terdiri dari 174 narapidana dan tahanan dewasa yang sedang menjalani masa hukuman di Rutan Medaeng. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan survei dengan beberapa alat ukur, antara lain Brief Resilience Scale untuk mengukur resiliensi, Urgency, Premeditation, Perseverance, Sensation Seeking – Positive Urgency Short Version untuk mengukur perilaku impulsif, Skala Penyalahgunaan Zat untuk mengukur penyalahgunaan zat, Skala Kondisi Ekonomi untuk mengukur kondisi ekonomi dan Scale of Parenting Style untuk mengukur pengasuhan orangtua. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data korelasi Pearson dan regresi linear multivariat, serta menggunakan aplikasi SPSS Statistics 22 Version. Hasil analisis data menunjukkan bahwa resiliensi terbagi menjadi dua dimensi menurut analisis faktor, yaitu penyelesaian masalah dan adaptasi positif. Resiliensi penyelesaian masalah dipengaruhi oleh perilaku impulsif dimensi kurangnya ketekunan dan perencanaan sementara resiliensi dimensi adaptasi positif dipengaruhi oleh perilaku impulsif dimensi keterdesakan dan pengambilan risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 43/19 Him p
Uncontrolled Keywords: resilience, inmates and prisoners, risk factors, protective factors
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Rendi Bagus Himawan, 11141113305UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMargaretha, S.Psi.,P.G.Dip Psych.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2019 07:02
Last Modified: 11 Mar 2019 07:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item