PENGARUH FAKTOR RISIKO DAN PROTEKTIF TERHADAP RESILIENSI PADA KLIEN PEMASYARAKATAN DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I SURABAYA Ditinjau dari Penyalahgunaan Zat dan Lingkungan Sosial yang Buruk sebagai Faktor Risiko serta Dukungan Sosial dan Program Reintegrasi Sosial sebagai Faktor Protektif

Aisyah Nurul Hafidah, 111411131132 (2019) PENGARUH FAKTOR RISIKO DAN PROTEKTIF TERHADAP RESILIENSI PADA KLIEN PEMASYARAKATAN DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I SURABAYA Ditinjau dari Penyalahgunaan Zat dan Lingkungan Sosial yang Buruk sebagai Faktor Risiko serta Dukungan Sosial dan Program Reintegrasi Sosial sebagai Faktor Protektif. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setelah lama berada di penjara, klien pemasyarakatan dihadapkan pada kesulitan-kesulitan selama menjalankan proses reintegrasi sosial. Kesulitan tersebut dapat membuat klien pemasyarakatan kembali melakukan kejahatan atau disebut sebagai residivis. Namun, jika individu mampu beradaptasi secara positif, klien pemasyarakatan akan mencapai kondisi resilien sehingga lebih mudah untuk tidak mengulangi tindak kejahatan. Resiliensi merupakan konstruk psikologis yang terjadi sebagai akibat dari hadirnya dua konstruk yakni kesulitan yang signifikan serta adanya adaptasi positif dari individu. Penelitian ini dilakukan pada sampel yang terdiri dari 131 klien pemasyarakatan bimbingan dewasa yang terdaftar di Balai Pemasyarakatan Kelas I Surabaya. Data diperoleh menggunakan metode survei dengan menggunakan skala Brief Resilience Scale untuk mengukur resiliensi, Multidimensional Scale of Perceived Social Support untuk mengukur dukungan sosial, Skala Pengalaman Reintegrasi Subjektif dan Objektif untuk mengukur program reintegrasi sosial, Skala Penyalahgunaan Zat untuk mengukur penyalahgunaan zat dan obat-obatan, serta Skala Riwayat Kejahatan Lingkungan untuk mengukur lingkungan sosial yang buruk. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan analisis data korelasi Pearson, regresi linear multivariat, regresi hirarki, dan uji T sampel independen menggunakan aplikasi SPSS Statistics 24 for Mac. Hasil analisis data menunjukkan resiliensi terbagi menjadi dua faktor menurut hasil analisis faktor, yakni faktor adaptasi positif dan faktor mengatasi masalah. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat faktor yang diteliti, dukungan sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiliensi. Secara lebih mendalam, dukungan sosial subjektif dimensi pasangan dan dukungan sosial objektif dimensi dukungan emosi keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiliensi adapasi positif. Kemudian dukungan sosial objektif dimensi dukungan praktis dan finansial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiliensi dimensi mengatasi masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 44/19 Haf p
Uncontrolled Keywords: correctional clients, protective factor, resilience, risk factor
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Aisyah Nurul Hafidah, 111411131132UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMargaretha, S.Psi.,P.G.,Dip.,Psych.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2019 07:09
Last Modified: 11 Mar 2019 07:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item