PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI KALANGAN REMAJA SMA SURABAYA

INTAN PUTRI AULIA RACHMAN, 071311633005 (2018) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI KALANGAN REMAJA SMA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.79 18 Rac p.PDF

Download (104kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.79 18 Rac p.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.79 18 Rac p.PDF

Download (172kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Umumnya siswa gemar sekali melakukan penemuan informasi melalui media sosial terutama pada facebook. Dengan kata lain media sosial yang kini bermunculan juga sangat banyak akan tetapi pengguna media sosial facebook masih bertebaran dimana – mana. Informasi yang terus bermunculan semakin membuat resah masyarakat tak terkecuali para pelajar, dimana pada fase remaja yang labil mereka belajar bagaimana memilih informasi yang tepat untuk mereka gunakan di kehidupan sehari – hari. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana gambaran perilaku penggunaan dalam penemuan informasi bagi siswa SMA di Surabaya serta mengembangkan aktivitas diri pada media sosial facebook. Dalam perkembangan siswa juga berperan penting para orang tua yang bisa mengawasi anak – anak mereka di lingkungan rumah. Tidak hanya butuh pengawasan di rumah saja tetapi juga peran para guru di sekolah agar siswa di kontrol dalam penggunaan gadget dan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di 5 SMA di Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik multistage-random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan siswa menyatakan sangat antusias dengan media sosial facebook (89%), siswa mengetahui facebook lewat teman (92%), cara mengakses melalui gadget (67%), sebagai komunikasi dengan orang tua (41%), tempat wisata yang sering di telusuri (41%), menyukai kegiatan penelusuran satu – satu (68%), serta suka menambahi embel – embel tertentu (42%), hasil penelusuran sesuai dengan kata kunci (73%), siswa selalu melihat sumber berita (46%), melakukan kegiatan open new tab< 3 kali (59%), bisa membandingkan informasi yang beredar dengan pengetahuan yang di punyai (66%), tidak menjumpai unsur rasisme (48%), memperhatikan rincian sumber berita (60%), tujuan menggunakan facebook untuk penemuan informasi (38%), menghubungkan media sosial facebook dengan yang lain (64%), mengakses facebook waktu yang di butuhkan 6-7 jam (27%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.79/18 Rac p
Uncontrolled Keywords: penemuan informasi, facebook, gadget, remaja, peran orang tua, peran guru di sekolah
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
INTAN PUTRI AULIA RACHMAN, 071311633005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Prasetyo Y., S.Sos., M.KP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Mar 2019 07:59
Last Modified: 11 Mar 2019 08:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80886
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item