EKSPRESI ALKALINE PHOSPHATASE (ALP) DARI SEL OSTEOBLAS YANG DITANAM PADA SCAFFOLD COLLAGEN-CHITOSAN-CARBONATE APATITE

WIDIAR PRAMITA ARIFIN, 021511133149 (2019) EKSPRESI ALKALINE PHOSPHATASE (ALP) DARI SEL OSTEOBLAS YANG DITANAM PADA SCAFFOLD COLLAGEN-CHITOSAN-CARBONATE APATITE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gigi yang telah dilakukan ekstraksi akan meninggalkan defek pada tulang alveolar, pada umumnya tulang tidak akan secara sempurna kembali ke keadaan awal dan defek pada tulang alveolar juga akan menyebabkan resorpsi pada alveolar. Peran rekayasa jaringan dibutuhkan untuk membantu regenerasi struktur dan jaringan yang rusak sebagai alternatif dari bone graft. Komponen yang digunakan pada rekayasa jaringan ini adalah scaffolds. Beberapa biomaterial digunakan untuk pembuatan scaffold dalam upaya mengembangkan kemampuan scaffold untuk meregenerasi jaringan. Penggabungan collagen-chitosan-carbonate apatite dalam bentuk scaffold diharapkan dapat meningkatkan ekspresi Alkaline phosphatase (ALP) dan mempercepat proses regenerasi tulang. Tujuan: Untuk mengetahui ekspresi Alkaline phosphatase (ALP) pada scaffold collagenchitosan- carbonate apatite yang telah ditanamkan sel osteoblas. Metode: Ekspresi ALP pada scaffold collagen-chitosan-carbonate apatite yang telah ditanamkan kultur sel ostoblas 2 x 106 dilihat menggunakan metode imunohistokimia. Inkubasi dilakukan pada scaffold yang telah ditanamkan sel osteoblas dengan autoklaf 37°C selama 3, 5, dan 7 hari, lalu dibuatkan blok paraffin. Hasil: Terdapat perbedaan signifikan ekspresi alkaline phosphatase (ALP) antar kelompok kontrol dan kelompok perlakuan dan juga antara kelompok perlakuan hari ke-3 dan ke-5 dan hari ke-3 dan ke-7. Kesimpulan: Scaffold collagen-chitosan-carbonate apatite yang ditanami sel osteoblas dapat meningkatkan ekspresi Alkaline phosphatase (ALP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 70/19 Ari e
Uncontrolled Keywords: Scaffold, Chitosan, Collagen, Carbonate Apatite, Chitosan-Collagen- Carbonate Apatite Scaffold, Alkaline phosphatase (ALP), Osteoblast
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
WIDIAR PRAMITA ARIFIN, 021511133149UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSherman Salim, Dr. , drg., MS., Sp.Pros(KUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:40
Last Modified: 12 Mar 2019 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80904
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item