PENGARUH DAYA TARIK SEKSUAL SECARA VISUAL PADA IKLAN �AXE EFFECT CHOCOLATE� TERHADAP PREFERENSI MEREK MELALUI PERSEPSI ATAS KEPRIBADIAN MEREK OLEH PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA

DINI PRIMAHATRISNANI, 040610655 (2011) PENGARUH DAYA TARIK SEKSUAL SECARA VISUAL PADA IKLAN �AXE EFFECT CHOCOLATE� TERHADAP PREFERENSI MEREK MELALUI PERSEPSI ATAS KEPRIBADIAN MEREK OLEH PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-primahatri-19938-b6111-i.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-primahatri-16710-b6111-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Axe pertama kali diluncurkan di Prancis pada tahun 1983 dan saat ini telah menjadi leader produk kategori deodorant di Indonesia. Axe meluncurkan tema iklan “Axe Effect” yang menggunakan daya tarik seksual untuk menarik perhatian target pasar terhadap merek. Lewat daya tarik seksual pada iklan ini, Axe membentuk kepribadian merek agar target pasar lebih mudah untuk membedakan merek Axe dengan merek lainnya yang sejenis. Dengan adanya kepribadian merek ini, maka konsumen akan lebih mudah menilai merek mana yang sesuai dengan kepribadiannya atau merek mana yang mewakili kepribadian yang diinginkan. Adanya kepribadian merek akan lebih memperkuat hubungan emosional antara konsumen dengan merek sehingga akan menimbulkan preferensi merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik seksual secara visual pada iklan “Axe Effect Chocolate” terhadap gambaran persepsi konsumen atas kepribadian merek Axe dan untuk mengetahui pengaruh persepsi atas kepribadian merek Axe terhadap preferensi merek. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden laki-laki berusia 17-25 tahun yang pernah menyaksikan iklan “Axe Effect Chocolate” di Surabaya. Alat uji yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur) yang pengerjaannya dilakukan dengan program komputer AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, daya tarik seksual secara visual pada iklan “Axe Effect Chocolate” memiliki pengaruh terhadap masingmasing dimensi kepribadian merek. Kedua, kepribadian merek yang dicerminkan paling kuat pada merek Axe memiliki pengaruh terhadap preferensi merek dari target pasarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.61/11 Pri p
Uncontrolled Keywords: consumer behavior; advertising -television programs
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINI PRIMAHATRISNANI, 040610655UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Gunawan, DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 28 Sep 2011 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item