ANALISIS PENGARUH KOORDINASI DAN PENGENDALIAN PADA PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI TERHADAP ANGKA KEJADIAN INFEKSI TERKAIT PELAYANAN KESEHATAN (Studi di RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro)

ISTIQLAL FITHRI, 101614453034 (2018) ANALISIS PENGARUH KOORDINASI DAN PENGENDALIAN PADA PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI TERHADAP ANGKA KEJADIAN INFEKSI TERKAIT PELAYANAN KESEHATAN (Studi di RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKA. 12-19 Fit a Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text (Fulltext)
TKA. 12-19 Fit a.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Infeksi terkait pelayanan kesehatan merupakan masalah perawatan kesehatan yang penting diseluruh dunia karena terjadinya infeksi terkait pelayanan kesehatan akan menimbulkan beberapa masalah, seperti peningkatan angka kesakitan dan kematian, penambahan hari perawatan, peningkatan biaya perawatan dan ketidakpuasan baik pasien maupun keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh koordinasi dan pengendalian pada program pencegahan dan pengendalian infeksi terhadap angka kejadian infeksi terkait pelayanan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan unit analisisnya adalah ruang (unit) kerja. Koordinasi dan pengendalian diidentifikasi dengan pengumpulan data primer melalui wawancara dengan kuesioner. Sedangkan data angka kejadian infeksi terkait pelayanan kesehatan diidentifikasi melalui data sekunder dari surveilan kejadian infeksi terkait pelayanan kesehatan bulan Januari-Juni 2018. Pengaruh variabel independen dan variabel dependen dilakukan menggunakan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan koordinasi antara komite PPI dan kepala ruang sebagian besar (69,2%) baik, koordinasi antar kepala ruang sebagian besar (76,9%) baik, koordinasi antara kepala ruang dan staf sebagian besar (76,9%) baik, dan koordinasi antar staf sebagian besar (92,3%) baik. Pengendalian oleh komite PPI 100% baik dan pengendalian oleh kepala ruang 53,8% baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah koordinasi antara komite PPI dan kepala ruang, koordinasi antar kepala ruang, koordinasi antara kepala ruang dan staf serta koordinasi antar staf pada pelaksanaan program PPI berpengaruh terhadap angka kejadian infeksi terkait pelayanan kesehatan di RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Pengendalian program PPI oleh kepala ruang berpengaruh terhadap angka kejadian infeksi terkait pelayanan kesehatan di RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA. 12-19 Fit a
Uncontrolled Keywords: koordinasi, pengendalian, infeksi terkait pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ISTIQLAL FITHRI, 101614453034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDjazuly Chalidyanto, Dr. , S. KM., M.ARS.UNSPECIFIED
ContributorWindhu Purnomo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Mar 2019 11:57
Last Modified: 12 Mar 2019 11:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item