PENGARUH KLAIM PESAN IKLAN SEBAGAI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN PRODUK, KESADARAN LINGKUNGAN, KOMITMEN LINGKUNGAN DAN NIAT UNTUK MEMBELI PRODUK AC RAMAH LINGKUNGAN PANASONIC MODEL ENVIO

HARYO KUNTO MEGANTORO, 040510759 (2011) PENGARUH KLAIM PESAN IKLAN SEBAGAI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN PRODUK, KESADARAN LINGKUNGAN, KOMITMEN LINGKUNGAN DAN NIAT UNTUK MEMBELI PRODUK AC RAMAH LINGKUNGAN PANASONIC MODEL ENVIO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-megantoroh-19943-b4011-k.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-megantoroh-16714-b4011-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya kesadaran masalah lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat adalah terlihat dengan perilaku konsumen mulai memilih produk ramah lingkungan dan menyisihkan 25% dari setiap harga produk ramah lingkungan yang masyarakat beli. Banyak faktor yang menyebabkan kesediaan konsumen mempertimbangkan isu ramah lingkungan, antara lain adalah adanya Malin ramah lingkungan yang diadopsi oleh perusahaan. Salah satu produk yang mengangkat isu ramah lingkungan dalam kampanyenya adalah Envio dengan slogan eco ideas: inverter dan Eco Patrol. ikian yang dimuncuikan oieh Panasonic untuk mengkampayekan ramah iingkungan, sangat mengena pada masyarakat yang menonton ikian tersebut. Iklan harus lebih sering menggunakan faktor emosi dan rasionai agar dampak yang ditimbulkan dapat dirasakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh klaim produk ramah lingkungan pada pesan ikian AC Panasonic Model Envio terhadap pengetahuan, kesadaran dan komitmen konsumen akan produk ramah iingkungan. Dan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kesadaran dan komitmen konsumen akan produk ramah lingkungan terhadap niat bell AC Panasonic Model Envio Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengetahui ikian AC Panasonic Model Envio. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode non probability, sedangkan besarnya sampel yang dipilih pada penelitian ini mengacu pada pendapa Roscoe seperti yang dikutip Sekaran sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah path analisis dengan persamaan sebagai berikut: ,., Ll—V,011A C `Y'—0,286Zi+e Z2 = 0,677X + e Y=0,312 Z2+e Z3 = 0,540X + e Y = 0,268 Z3 + e pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signiiikan kiaim produk ramah lingkungan terhadap pengetahuan konsumen akan produk ramah lingkungan. Terdapat pengaruh signifikan kiaim produk ramah lingkungan terhadap kesadaran akan iingkungan hijau. Terdapat pengaruh signifikan kiaim produk ramah lingkungan terhadap komitmen akan lingkungan hijau. Terdapat pengaruh signifikan pengatahuan konsumen akan produk ramah lingkungan terhadap niat untuk membeli produk AC ramah lingkungan. Terdapat pengaruh signifikan kesadaran akan lingkungan hijau terhadap niat untuk membeli produk AC ramah lingkungan. Terdapat pengaruh signifikan komitmen akan lingkungan hijau terhadap niat untuk membeli produk AC ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 40 11 Meg p
Uncontrolled Keywords: advertising
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HARYO KUNTO MEGANTORO, 040510759UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDwi Utami, Dra ec Hj . S. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 28 Sep 2011 12:00
Last Modified: 29 Jun 2016 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8096
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item