PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR MANAJEMEN UNIVERSITAS AIRLANGGA

HENDRO GUNARTO, 091714253004 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR MANAJEMEN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TPS. 07-19 Gun p Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text (Fulltext)
TPS. 07-19 Gun p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia memegang peranan yang penting dalam mencapai tujuan organisasi. Universitas Airlangga sebagai Perguruan tinggi Negeri Badan Hukum mempunyai target masuk ke dalam 500 besar Univeritas terbaik di dunia sehingga diperlukan rencana strategis dalam pengelolaan bidang akademik dan non akademik agar target tersebut dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui, menganalisis dan memperoleh data tentang kinerja pegawai dalam ruang lingkup lingkungan kerja dan kepuasan kerja pegawai pada kantor manajemen Universitas Airlangga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel bebas (lingkungan kerja fisik dan non fisik), variabel terikat (kinerja) dan variabel intervening (kepuasan kerja). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada direktorat–direktorat yang ada di kantor manajemen Universitas Airlangga. Jumlah Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 151 orang. Teknik pengambilan sampling yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik analisis data yang dilakukan di dalam penelitian ini menggunakan metode Statistik melalui beberapa pengujian yakni : uji validitas, uji reliabilitas, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis. Hasil analisa data pada 1) Uji validitas menunjukkan hasil yang valid (rhitung > rtabel); 2) pada Uji Reliabilitas menunjukkan hasil yang reliabel untuk semua variabel (nilai cronbach alpha > 0.6); 3) pada Uji asumsi klasik untuk semua pengujian yang dilakukan menunjukkan nilai yang memenuhi syarat; 4) Untuk uji hipotesis dengan regresi linier berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan semua hasil tes berpengaruh positif dan signifikan kecuali kepuasan kerja terhadap kinerja yang menunjukkan hasil tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPS. 07-19 Gun p
Uncontrolled Keywords: Lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik, kepuasan kerja, kinerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
HENDRO GUNARTO, 091714253004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Suminar, Dr., Dra., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:34
Last Modified: 13 Mar 2019 06:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80970
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item