PERAN DAN MANFAAT MODAL SOSIAL DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KERAJINAN TAS DAN KOPER TANGGULANGIN SIDOARJO

HARGE TRIO WIDODO, 091314253001 (2018) PERAN DAN MANFAAT MODAL SOSIAL DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI SENTRA KERAJINAN TAS DAN KOPER TANGGULANGIN SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TPS. 09-19 Wid p Abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text (Fulltext)
TPS. 09-19 Wid p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bentuk modal sosial yang ada di sentra kerajinan tas dan koper Tanggulangin. Mengetahui peranan modal sosial dalam peningkatkan efektivitas kerja karyawan di sentra kerjajinan tas dan koper Tanggulangin. Mengetahui pemanfaatan modal sosial oleh pengrajin dalam pengembangan usahanya. Metode pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive, yaitu mentukan informan yang dianggap tepat dengan sengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa modal sosial yang terbentuk di sentra industri tas dan koper Tanggulangin dimulai dari keluarga, kerabat, tetangga dan teman mereka, dan tumbuh bersama dengan kebiasaan lokal masyarakat Tanggulangin. Peran modal sosial membentuk jaringan, rasa kepercayaan, norma sosial, kepemimpinan, dan solidaritas diantara karyawan dan pengrajin tas di Tanggulangin. Manfaat modal sosial pada sentra industri tas dan koper di Tanggulangin ditemukan dengan bentuk gotong royong yang baik dinatar mereka, proses transfer ilmu yang lebih efektif, dan komunikasi yang terjaga baik. Upaya peningkatan modal sosial dilakukan dengan pembagian beban kerja dan penggajian yang dikelola secara transparan dan sesuai dengan kemampuan serta kontribusi karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS. 09-19 Wid p
Uncontrolled Keywords: Modal sosial, Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
HARGE TRIO WIDODO, 091314253001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJusuf Irianto, Prof. Dr., DRs., M.Com.UNSPECIFIED
ContributorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:53
Last Modified: 13 Mar 2019 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item