PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING, KECEMASAN TERHADAP MATEMATIKA, DUKUNGAN SOSIAL DARI GURU MATEMATIKA, DAN DUKUNGAN SOSIAL DARI TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI “X” SURABAYA

Wuryaning Hendri Hastuti, 111614253003 (2019) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING, KECEMASAN TERHADAP MATEMATIKA, DUKUNGAN SOSIAL DARI GURU MATEMATIKA, DAN DUKUNGAN SOSIAL DARI TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI “X” SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TPsi 08 19 Has p.pdf

Download (93kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TPsi 08 19 Has p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan dasar yang melandasi semua disiplin ilmu, baik ilmu eksak maupun ilmu sosial. Penguasaan matematika bagi para siswa akan menjadi sarana yang ampuh untuk mempelajari mata pelajaran lain, baik pada jenjang yang sama maupun pada jenjang yang lebih tinggi. Matematika juga merupakan salah satu pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Hal ini berarti bahwa penguasaan siswa pada mata pelajaran matematika sangat penting. Indikator siswa yang memiliki kemampuan dalam matematika adalah prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 169 siswa pada salah satu sekolah menengah pertama di Kota Surabaya dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah variabel self-regulated learning, kecemasan terhadap matematika, dukungan sosial dari guru matematika, dan dukungan sosial dari teman sebaya. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25 for windows untuk menguji pengaruh self-regulated learning, kecemasan terhadap matematika, dukungan sosial dari guru matematika, dan dukungan sosial dari teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menyimpulkan ada pengaruh self-regulated learning, kecemasan terhadap matematika, dukungan sosial dari guru matematika, dan dukungan dari sosial teman sebaya secara simultan terhadap prestasi belajar matematika. Hasil uji t menunjukkan variabel self-regulated learning dan dukungan sosial dari teman sebaya yang secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika, berbeda dengan kecemasan terhadap matematika dan dukungan sosial dari guru matematika yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi 08/19 Has p
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar matematika, self-regulated learning, kecemasan terhadap matematika, dukungan sosial dari guru matematika, dukungan sosial dari teman sebaya.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General) > AS1-945 Academies and learned societies
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Wuryaning Hendri Hastuti, 111614253003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNono Hery Yoenanto, Dr. , S.Psi., M.Pd., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:28
Last Modified: 14 Mar 2019 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81000
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item