ANALISIS ASUPAN ENERGI, PROTEIN, LEMAK, KARBOHIDRAT, ZAT BESI, ASAM FOLAT, DAN VITAMIN C PADA PASIEN KANKER PAYUDARA PASCA KEMOTERAPI DENGAN TERJADINYA ANEMIA

TETTY YULIA HENDRAWANTI, 101511223018 (2018) ANALISIS ASUPAN ENERGI, PROTEIN, LEMAK, KARBOHIDRAT, ZAT BESI, ASAM FOLAT, DAN VITAMIN C PADA PASIEN KANKER PAYUDARA PASCA KEMOTERAPI DENGAN TERJADINYA ANEMIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKM.GZ. 10-19 Hen a Abstrak.pdf

Download (19kB)
[img] Text (Fulltext)
FKM.GZ. 10-19 Hen a.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker payudara ( Carcinoma Mammae ) adalah tumor ganas yang menyerang jaringan payudara,jaringan payudara tersebut terdiri dari kelenjar susu (pembuat susu),saluran kelenjar (saluran air susu ) dan jaringan penunjang payudara.Wanita yang berumur lebih dari 30 tahun mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk mendapat kanker payudara dan risiko ini akan bertambah sampai umur 50 tahun dan setelah menopause. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara asupan energi, karbohidrat, lemak, protein, zat besi, asam folat, dan vitamin C terhadap kejadian anemia pada pasien pasca kemoterapi di RSU Haji Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional Analitik dengan desain penelitian case control . Sampel penelitian 50 responden terbagi menjadi kasus 25 orang dan kontrol 25 orang,diambil secara acak dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data meliputi pengukuran berat badan, food recall 3x24 jam pasca kemoterapi, food frequency dan wawancara tentang karakteristik responden meliputi usia, pendidikan,pekerjaan, ras, status gizi, dan hasil laboratorium darah (anemia). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara asupan proten (p=0,000) dan Fe (p=0,02) dengan anemia pasca kemoterapi.Namun tidak terdapat hubungan antara Energi (p=0,607),lemak (p=0,225),karbohidrat (p=0,66),asam folat (p=0,239) dan vitamin C (p=1,000) dengan anemia pasca kemoterapi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan kekurangan protein dapat mengalami anemia 16,8 kali dibandingkan dengan yang tdk mengalami kekurangan protein sedangkan untuk responden yang mengalami kekurangan zat gizi Fe dapat mengalami anemia 0,143 kali dibandingkan responden yang tidak mengalami kekurangan Fe.Makanan tinggi protein dan tinggi Fe sangatlah penting bagi Responden kanker payudara pasca kemoterapi untuk mempertahankan daya tahan tubuhnya agar tidak mengalami anemia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.GZ. 10-19 Hen a
Uncontrolled Keywords: kanker payudara, asupan protein, asupan zat besi, anemia
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG491-499 Diseases of the breast
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM
TETTY YULIA HENDRAWANTI, 101511223018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Bambang W., Prof., dr.,M.S.,M.CN.,Ph.D.,Sp.GKUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Mar 2019 05:38
Last Modified: 14 Mar 2019 05:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item