STRATEGI MANAJEMEN KETEGANGAN DIALEKTIS PERAN SEBAGAI ANAK DAN SEBAGAI PASANGAN SUAMI ISTRI (STUDI KOMUNIKASI KELUARGA ANTARA ANAK YANG SUDAH MENIKAH DAN TINGGAL SERUMAH DENGAN ORANG TUA)

Warda Annisa Putri, 071311533090 (2019) STRATEGI MANAJEMEN KETEGANGAN DIALEKTIS PERAN SEBAGAI ANAK DAN SEBAGAI PASANGAN SUAMI ISTRI (STUDI KOMUNIKASI KELUARGA ANTARA ANAK YANG SUDAH MENIKAH DAN TINGGAL SERUMAH DENGAN ORANG TUA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.18 19 Put s.pdf

Download (74kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.18 19 Put s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.18 19 Put s.pdf

Download (329kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi manajemen ketegangan dialektis untuk mereduksi ketegangan dialektis yang dialami oleh anak yang sudah menikah dan orang tua yang tinggal di dalam satu rumah. Penelitian ini berfokus melihat data verbal dalam memanajemen ketegangan yang terjadi karena adanya perubahan status dan peran anak setelah anak menikah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara mendalam kepada empat keluarga (anak yang sudah menikah, ayah dan juga ibu sang anak yang tinggal dalam satu rumah). Berdasarkan teori komunikasi yakni teori strategi manajemen dialectical tension oleh Leslie Baxter, peneliti menjabarkan mengenai strategi dalam mereduksi ketegangan dialektis yang digunakan oleh anak yang sudah menikah dan orang tua yang tinggal dalam satu rumah serta faktor ketegangan yang dialami oleh keluarga tersebut. Hasil temuan data lalu dibagi peneliti berdasarkan kontradiksi yang terjadi, yaitu perubahan perilaku anak dan orang tua setelah menikah, intervensi – non intervensi anak dan juga orang tua, serta topik pembicaraan yang aman maupun yang tidak aman. Yang kemudian kontradiksi ini diatasi informan dengan menggunakan strategi segmentation, selection, neutralizing, reframing, dan cyclic alternation. Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa keempat keluarga sering menggunakan strategi segmentation dalam memanajemen ketegangan dan kontradiksi yang sedang terjadi. Segmentation terjadi ketika seseorang memilih satu pilihan berdasarkan konteksnya. Strategi ini digunakan dengan cara yang berbeda berdasarkan kondisi yang sedang terjadi di dalam rumah masing – masing keluarga. Walaupun begitu strategi manajemen lainnya – selection, neutralizing, reframing, serta cyclic alternation – juga tetap digunakan dalam kondisi tertentu, seperti kondisi finansial, durasi tinggal bersama, hingga kedekatan antara anak dan juga orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.18/19 Put s
Uncontrolled Keywords: anak sudah menikah, tinggal bersama orang tua, teori dialektika, strategi manajemen ketegangan dialektis.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Warda Annisa Putri, 071311533090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAndria Saptyasari, Dr., S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:02
Last Modified: 15 Mar 2019 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item