KOMUNITAS WAFT-LAB SEBAGAI PEGIAT SENI TEKNOLOGI DI SURABAYA (Studi Deskriptif Komunitas WAFT-Lab sebagai Pegiat Seni Teknologi dengan Gaya New Media Art di Surabaya)

ALLISYA JEANE RAMADHANY BAHRI, 071511733079 (2019) KOMUNITAS WAFT-LAB SEBAGAI PEGIAT SENI TEKNOLOGI DI SURABAYA (Studi Deskriptif Komunitas WAFT-Lab sebagai Pegiat Seni Teknologi dengan Gaya New Media Art di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.02 19 Bah k.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.02 19 Bah k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.02 19 Bah k.pdf

Download (153kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Komunitas WAFT-Lab sebagai pegiat seni teknologi di Surabaya dengan fokus pembahasan proses komunitas WAFT-Lab dalam mengekspresikan seni dan proses komunitas WAFT-Lab menjalin hubungan dengan warga masyarakat di sekitar lingkungan komunitas WAFT-Lab. Metode penelitian deskriptif ini menggunakan teknik wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Observasi partisipasi yang dilakukan adalah dengan mengunjungi base camp dari komunitas WAFT-Lab dan berpartisipasi dalam beberapa kegiatannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di era modern seperti sekarang ini, teknologi bukan lagi sebagai pelengkap bagi manusia, melainkan sudah menjadi kebutuhan, dapat dibuktikan dengan penggunaan teknologi oleh manusia yang digunakan dalam sehari-hari, dan kemudian berpengaruh terhadap kehidupan seni di masyarakat, salah satunya ada komunitas WAFT-Lab yang dimana fokus terhadap penggunaan seni dalam mengekspresikan seni seperti LED Lights dan Music Noise. Selain itu, dengan penggunaan teknologi pun menjadikan komunitas WAFT-Lab ini mudah untuk menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar. Namun, teknologi bukanlah semata-mata sebagai pendekatan kepada masyarakat, konsep for everyone life people, dimana komunitas WAFT-Lab ini menjalin dengan masyarakat menggunakan konsep yang sesuai dengan pemahaman masyarakat sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.02/19 Bah k
Uncontrolled Keywords: Komunitas WAFT-Lab,New Media Art, Teknologi, Seni Modern, Hubungan dengan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
ALLISYA JEANE RAMADHANY BAHRI, 071511733079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPudjio Santoso, Drs., M.Sosio.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:55
Last Modified: 15 Mar 2019 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item