PERILAKU MAHASISWI PENGGUNA KOSMETIK PRELOVED (Studi pada Mahasiswi Kampus B Universitas Airlangga Surabaya)

Faisya Afidah, 071311733065 (2019) PERILAKU MAHASISWI PENGGUNA KOSMETIK PRELOVED (Studi pada Mahasiswi Kampus B Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.10 19 Afi p.pdf

Download (153kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.10 19 Afi p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.10 19 Afi p.pdf

Download (369kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu pengguna kosmetik preloved (kosmetik yang pernah dipakai individu atau masih baru tapi tidak terpakai untuk dijual lagi) adalah mahasiswi. Maka, sesuai dengan uraian diatas, Peneliti tertarik untuk meneliti mengenai perilaku mahasiswi pengguna kosmetik preloved di kampus B Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami informan tentang perilaku, persepsi, motivasi secara holistik dan dengan cara deskripsi. Data deskriptif yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Lokasi dalam penelitian ini di kampus Unair B, lokasi ini ditentukan secara sengaja (purposive), karena memiliki latar belakang dan kondisi yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 variasi perilaku, yaitu 1) mahasiwi yang membeli dan menjual kosmetik preloved, 2) mahasiswi yang membeli kosmetik preloved, 3) mahasiswi yang membeli kosmetik preloved, namun mereka sama-sama beralasan karena kebutuhan pribadi dan harga yang lebih murah dibanding kosmetik yang baru di mana bagi informan dengan menggunakan kosmetik preloved untuk berhemat atas pengeluaran uang saku para mahasiswi. Perbedaannya ada informan yang membeli online dan ada yang membeli secara tatap muka. Selain itu, kosmetik preloved yang branded juga menjadikan penggunanya lebih percaya diri karena menggunakan kosmetik dengan brand ternama di dunia yaitu L’Oreal, NYX, Maybelline, MAC, Urban Decay, Covergirl, Revlon, Etude, Sephora, Silkygirl, Shiseido, Estee Lauder, Rimmel, Lancome, dan Clinique.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.10/19 Afi p
Uncontrolled Keywords: kosmetik preloved, perilaku, mahasiswi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Faisya Afidah, 071311733065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPinky Saptandari, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2019 04:01
Last Modified: 15 Mar 2019 04:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81086
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item