MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN PADA PENDEDERAN I IKAN MAS MUSTIKA (Cyprinus carpio L.) DI BALAI RISET PEMULIAAN IKAN (BRPI) SUKAMANDI, SUBANG, JAWA BARAT

ALFIRA ULLIMAZ, 141511133051 (2018) MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN PADA PENDEDERAN I IKAN MAS MUSTIKA (Cyprinus carpio L.) DI BALAI RISET PEMULIAAN IKAN (BRPI) SUKAMANDI, SUBANG, JAWA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 15-19 Ull m Abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 15-19 Ull m.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan mas Mustika merupakan ikan mas hasil perbaikan genetik oleh Balai Riset Pemuliaan Ikan. Ikan mas Mustika diperoleh melalui program seleksi dari strain Rajadanu dengan beberapa kelebihan seperti daya tahan terhadap infeksi KHV (Koi Herpes Virus) tinggi, memiliki toleransi terhadap cekaman lingkungan yang tinggi, serta tingkat pertumbuhan yang relatif cepat. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini untuk mengetahui manajemen pemberian pakan pada pendederan pertama ikan mas Mustika, mengetahui permasalahan yang ada dalam manajemen pemberian pakan dan mengetahui faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam manajemen pemberian pakan ikan mas Mustika. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi, Subang, Jawa Barat pada tanggal 18 Desember 2017 sampai 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan adalah metode partisipasi aktif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, wawancara, observasi dan studi pustaka. Kegiatan manajemen pemberian pakan pada pendederan pertama ikan mas Mustika di BRPI Sukamandi meliputi pemberian jenis pakan yang dibagi menjadi dua yakni pakan berbentuk tepung untuk hari ke-0 sampai hari ke-7 dan pakan berbentuk crumble untuk hari ke-7 sampai hari ke-14. Jumlah pakan yang diberikan sebanyak 6% dari total berat ikan. Cara pemberian pakan dilakukan dengan menyebarkan pakan mengelilingi kolam. Kandungan pakan berbentuk tepung mengandung protein minimal 37%, lemak minimal 3%, serat kasar maksimal 3%, dan kadar air maksimal 12%. Pakan berbentuk crumble mengandung protein minimal 40%, lemak minimal 5%, serat kasar maksimal 2%, abu maksimal 13%, kadar air maksimal 11%.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 15-19 Ull m
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemberian Pakan, Pendederan I Ikan Mas Mustika (Cyprinus carpio L.)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ALFIRA ULLIMAZ, 141511133051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDaruti Dinda Nindarwi, S.Pi., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Mar 2019 06:39
Last Modified: 15 Mar 2019 06:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81094
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item