Penerapan SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure) pada Proses Pengolahan Ikan Tuna (Thunnus sp.) dalam Kaleng di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia Muncar, Banyuwangi.

WAHYU ANDRIANTO, 141511233039 (2018) Penerapan SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure) pada Proses Pengolahan Ikan Tuna (Thunnus sp.) dalam Kaleng di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia Muncar, Banyuwangi. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 17-19 And p Abstrak.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 17-19 And p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2022.

Download (922kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suatu perusahaan diwajibkan untuk menerapkan standar operasional prosedur pada setiap proses pengolahannya. SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure) merupakan standar yang merujuk kepada prosedur yang dibutuhkan dalam menjamin sanitasi dalam penanganan makanan dan ada langkah yang tertulis untuk proses pembersihan dan sanitasi untuk mencegah adanya pencemaran atau kontaminasi silang bahan makanan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Blambangan Foodpackers Indonesia, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada tanggal 18 Desember 2017 sampai dengan 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif observatif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan partisipasi aktif. PT. Blambangan Foodpackers Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengalengan produk perikanan. Produk yang dimiliki PT. Blambangan Foodpackers Indonesia telah diekspor ke negara-negara lain. Sehingga penerapan SSOP dalam semua kegiatan dalam proses produksi harus memenuhi standar yang ada. Beberapa aspek yang harus diperhatikan adalah pengendalian hama, penanganan limbah, suplai air, fasilitas toilet dan cuci tangan, sanitasi peralatan dan ruang proses, serta personal hygiene.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 17-19 And p
Uncontrolled Keywords: SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure), Proses Pengolahan, Ikan Tuna (Thunnus sp.), dalam Kaleng
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU ANDRIANTO, 141511233039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka Saputra, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Mar 2019 06:59
Last Modified: 15 Mar 2019 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item