HUBUNGAN KADAR NUCLEAR FACTOR-ĸB (NF-ĸB) DENGAN PROTEIN NON-STRUCTURAL 1 (NS1) PADA SERUM PASIEN DEMAM DENGUE DI RUMAH SAKIT PREMIER SURABAYA

Ni Nyoman Budiutari, 091624353006 (2019) HUBUNGAN KADAR NUCLEAR FACTOR-ĸB (NF-ĸB) DENGAN PROTEIN NON-STRUCTURAL 1 (NS1) PADA SERUM PASIEN DEMAM DENGUE DI RUMAH SAKIT PREMIER SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TI. 03-19 Bud h Abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text (Fulltext)
TI. 03-19 Bud h.pdf
Restricted to Registered users only until 18 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengue merupakan penyakit endemik yang disebabkan oleh virus RNA yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Target utama infeksi dengue adalah menuju ke makrofag/monosit dan sel dendritik dan sel yang terinfeksi akan mengsekresikan protein NS1 virus dengue. NS1 merupakan co-factor yang diperlukan untuk replikasi virus dan dapat dideteksi dalam delapan hari pertama dan kadarnya akan lebih tinggi pada fase awal demam. NF-kB merupakan faktor transkripsi yang terlibat dalam regulasi ekspresi berbagai sitokin, kemokin dan protein anti/pro-apoptosis selama infeksi dan menjadi tanda tingkat keparahan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan kadar NF-kB dan NS1 pada serum pasien demam dengue melalui studi observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional yang menggunakan 40 sampel penderita demam dengue dan 10 sampel orang sehat. NS1 dianalisa menggunakan Panbio rapid test dan NF-kB menggunakan sandwich ELISA. Hasil menunjukkan pada pasien demam dengue dapat menunjukkan hasil NS1 positif maupun negatif dan rerata kadar NF-kB serum pasien demam dengue ditemukan lebih tinggi daripada kontrol dan pada NS1 negatif memiliki kadar NF-ĸB yang lebih tinggi dibandingkan pada kelompok NS1 positif, namun tidak ada perbedaan yang bermakna. Terdapat hubungan yang bermakna antara kadar NF-ĸB dengan NS1 serum yang menunjukkan bahwa NF-ĸB terlibat pada perkembangan infeksi virus dengue dan mempunyai peran proteksi untuk sel host namun tidak dapat dijadikan acuan pada diagnosis awal infeksi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 03-19 Bud h
Uncontrolled Keywords: KADAR NUCLEAR FACTOR-ĸB (NF-ĸB), PROTEIN NON-STRUCTURAL 1 (NS1), SERUM, PASIEN DEMAM DENGUE
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni Nyoman Budiutari, 091624353006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusak Nugraha, Prof. Dr., dr., M.S., Sp.PK(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorYoes Prijatna Dachlan, Prof. Dr., dr., M.Sc., Sp.ParK(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Mar 2019 07:52
Last Modified: 16 Mar 2019 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item