MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS MASJID

MOH ARIFIN, 091614553017 (2019) MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS MASJID. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TSEI. 11-19 Ari m Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text (Fulltext)
TSEI. 11-19 Ari m.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberdayaan ekonomi berbasis masjid merupakan gerakan dakwah ekonomi untuk meningkatkan kemandirian dan kesahteraan masyarakat. Masjid sebagai institusi keagamaan diharapkan mampu memakmurkan masyarakat dengan program produktif melalui konsep pemberdayaan ekonomi. Berdasarkan alasan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pemberdayaan ekonomi berbasis masjid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik analisis penjodohan pola. Pengumpulan data menggunakan teknik kriteria untuk menentukan informan yang berjumlah 6 orang takmir di tiga masjid yaitu, Masjid Al-Akbar, Masjid Jenderal Sudirman, dan Masjid Ummul Mu‟minin untuk diwawancarai secara mendalam, diobservasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapatkan temuan bahwa takmir masjid belum sepenuhnya paham mengenai pemberdayaan ekonomi sehingga dalam input, proses, output dan outcome terdapat banyak kelemahan. Kombinasi dari tiga masjid menghasilkan model pemberdayaan ekonomi berbasis masjid yang dapat diimplementasikan pada masjid yang ingin melakukan pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat. Jika masjid ingin melakukan pemberdayaan maka diharuskan melakukan kerjasama dengan pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat, dan swasta. Masjid harus menerapkan administrasi modern dan mampu mengidentifikasi potensi masyarakat. Input pemberdayaan ekonomi meliputi kelembagaan, kepemimpinan dan sasaran. Proses pemberdayaan ekonomi meliputi pembentukan spiritual, pembentukan mental personal, capacity building, dan pemberian daya. Output pemberdayaan ekonomi meliputi penguatan karakter, penguatan mental karakter, penguatan hubungan emosional, penguatan usaha dan penguatan ekonomi. Outcome yang didapat meliputi kemampuan spiritual dan kemampuan ekonomi sehingga mampu melahirkan kesejahteraan dunia dan akhirat. Dengan demikian masjid tidak hanya dimakmurkan oleh masyarakat, tetapi masjid mampu memakmurkan masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI. 11-19 Ari m
Uncontrolled Keywords: Model, Pemberdayaan Ekonomi, Masyarakat, Masjid
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsEmail
MOH ARIFIN, 091614553017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorImron Mawardi, Dr.,SP.,M.Si.UNSPECIFIED
ContributorMuhammad Nafik Hadi Ryandono, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Mar 2019 10:33
Last Modified: 19 Mar 2019 10:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81197
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item