IMPLEMENTASI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT PT SEMEN INDONESIA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA SUMBERARUM DAN MASYARAKAT DESA KARANGLOH, KECAMATAN KEREK, KABUPATEN TUBAN, PROVINSI JAWA TIMUR)

Rachmad Ilham, 091624253002 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT PT SEMEN INDONESIA (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA SUMBERARUM DAN MASYARAKAT DESA KARANGLOH, KECAMATAN KEREK, KABUPATEN TUBAN, PROVINSI JAWA TIMUR). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TPS. 13-19 Ilh i Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text (Fulltext)
TPS. 13-19 Ilh i.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi program community development oleh PT Semen Indonesia Tbk pada masyarakat di Kabupaten Tuban khususnya di Desa Sumberarum dan Karangloh Kecamatan Kerek sehingga nantinya dapat diketahui program community development yang tepat dan berkelanjutan dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar terutama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini panduan wawancara terstruktur. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sumberarum dan Desa Karangloh, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban pada masyarakat desanya untuk menggali informasi mengenai program-program community development yang diterapkan PT Semen Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari data-data primer berupa hasil wawancara dan observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Triple Bottom Line, Teori Sustainability, Teori Stakeholder. Dari hasil penelitian diketahui beragam permasalahan yang ada dalam implementasi pelaksanaan kegiatan CSR di PT Semen, dalam pelaksanaan implementasi ini, kendala utama dalam implementasi kegiatan CSR ini lebih banyak berkaitan dengan karakteristik dan pola pikir masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah sikap-sikap kontra dan pesimistik yang dibangun oleh beberapa masyarakat tersebut, dari pengamatan peneliti di lapangan, sikap tersebut didasarkan pada konstruksi berpikir masyarakat yang salah tentang awal berdirinya Pabrik PT Semen Indonesia di wilayah Kecamatan Kerek yang ingin mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan sejahtera, namun pada kenyataannya tidak semua warga masyarakat dapat tertampung untuk bekerja disana ataupun di anak perusahaan PT Semen Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS. 13-19 Ilh i
Uncontrolled Keywords: Sustainable Community Development, CSR PT Semen Indonesia, pemberdayaan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
Rachmad Ilham, 091624253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSutinah, Dr., Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Mar 2019 10:50
Last Modified: 19 Mar 2019 10:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81199
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item