PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENYULUH PERTANIAN DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI DI KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN

NOTO MASHARI JOYO, 091714253017 (2019) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENYULUH PERTANIAN DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI DI KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TPS. 12-19 Joy p Abstrak.pdf

Download (546kB)
[img] Text (Fulltext)
TPS. 12-19 Joy p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

melihat kompetensi dan mengembangkannya, peneliti menggunakan teori dari Spencer and Spencer (1993) yang menyebutkan bahwa adannya lima karakteristik yaitu: Motif, Sifat, Konsep Diri, Pengetahuan, dan Keterampilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini meliputi instansi pemerintah yang memiliki keterlibatan, diantarannya adalah: Unit Pelaksana Teknis penyuluh pertanian Kecamatan Glagah, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Lamongan. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dengan informan, serta pemanfaatan dokumen tertulis. Kemudian, untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi data. Selanjutnya, teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa saat ini kompetensi yang dimiliki oleh penyuluh pertanian hanya pada pengetahuan dan keterampilan yang juga masih perlu penguatan, kemudian perlunya pengembangan dalam karakteristik lainnya seperti motif, sifat dan konsep diri. Hal ini ditujukan untuk menunjang kemampuan dalam melakukan penyuluhan untuk melakukan pemberdayaan kepada petani.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS. 12-19 Joy p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kompetensi, Penyuluh Pertanian, Pemberdayaan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S439 Agricultural geography
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
NOTO MASHARI JOYO, 091714253017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBintoro Wardiyanto, Dr.,Drs.,M.SiUNSPECIFIED
ContributorErna Setijaningrum, Dr.,S.Ip.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Mar 2019 10:56
Last Modified: 19 Mar 2019 10:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81200
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item