PERANAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN SELF AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA YAYASAN KAKI DIAN EMAS

RITWAN IMANUEL TARIGAN, 091624253001 (2019) PERANAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN SELF AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA YAYASAN KAKI DIAN EMAS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TPS. 11-19 Tar p Abstrak.pdf

Download (155kB)
[img] Text (Fulltext)
TPS. 11-19 Tar p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertautan antara Pendidikan dan Multikultural merupakan solusi atas realitas budaya yang beragam sebagai sebuah proses pengembangan seluruh potensi yang menghargai pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keragaman budaya. Dalam penelitian sebelumnya ditemukan bahwa Pendidikan multikultural dapat memprediksi kinerja yang lebih baik dalam langkah-langkah berpikir kreatif. Yayasan Kaki Dian Emas dengan program FLaTS yang dimiliki menempatkan pendidikan multikultural sebagai kurikulum pelatihan di mana melalui penghargaan akan perbedaan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif selama proses pelatihan. Namun, semua faktor yang mendorong meningkatnya kemampuan berpikir kreatif dapat disimpulkan pada satu efek konstruktif yang diberikan oleh self awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peranan pendidikan multikultural terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan self awareness sebagai variabel moderating. Sampel penelitian adalah 46 siswa FLaTS Angkatan XXXXII. Penelitian ini mengambil data primer dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) atau uji interaksi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka menghasilkan kesimpulan penelitian: Interaksi multikultural di mana terdapat nilai-nilai penghargaan dan saling terbuka terhadap perbedaan akan memberikan hubungan yang signifikan terhadap dimensi-dimensi di dalam kemampuan berpikir kreatif. Bentuk pendidikan multikultural yang mendalam di FLaTS mewadahi adanya interaksi yang berulang-ulang dalam waktu yang terus menerus sehingga memperluas proses berpikir kreatif para siswa. Self Awareness merupakan variabel moderating murni (pure moderator) yang dapat mempengaruhi secara positif hubungan antara pendidikan multikultural dengan kemampuan berpikir kreatif. Dimensi motivasi memegang peranan yang besar dalam Self Awareness untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hal ini menandakan bahwa dalam lembaga pelatihan FLaTS, peranan pendidikan multikultural akan lebih besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif apabila siswa FLaTS memiliki Self-Awarenees yang tinggi, terutama dalam aspek motivasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS. 11-19 Tar p
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, kemampuan berpikir kreatif, self awareness
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2035-2039 Life skills. Coping skills. Everyday living skills
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Media dan Komunikasi
09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
RITWAN IMANUEL TARIGAN, 091624253001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDewi Retno Suminar, Dr., Dra., M.Si. PsikologUNSPECIFIED
ContributorPinky Saptandari Endang Pratiwi, Dr., Dra., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Mar 2019 11:27
Last Modified: 19 Mar 2019 11:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item