FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA PENELITIAN KORELASIONAL

ENDANG SUSIANA, 131711123063 (2019) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA PENELITIAN KORELASIONAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 06-19 Sus f Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text (Fulltext)
FKP.N. 06-19 Sus f.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Dokumentasi keperawatan merupakan aspek legal yang melindungi perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan, tapi masih ditemukan dokumentasi yang kurang lengkap. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara motivasi, supervisi, dan beban kerja dengan mutu pendokumentasian asuhan keperawatan di Instalasi Rawat Inap Medik RSUD Dr Soetomo Surabaya. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi sebanyak 135 perawat dan didapatkan 100 perawat pelaksana dengan simple random sampling. Variabel independen adalah motivasi, supervisi, dan beban kerja. Variabel dependen adalah mutu pendokumentasian asuhan keperawatan. Data diperoleh dengan kuesioner motivasi, supervisi dan lembar observasi: TMS (Time Motion Study), SAK (Standar Asuhan Keperawatan) dan dianalisis dengan Spearman’s Rho dan uji Regresi Logistik dengan α=95%. Hasil: Ada hubungan antara motivasi (p=0,000; r=0,363), supervisi (p=0,012; r=0,310) dan beban kerja (p=0,002; r=0,299) dengan mutu pendokumentasian asuhan keperawatan. Diskusi: Hasil penelitian ada hubungan antara motivasi, supervisi dan beban kerja dengan mutu pendokumentasian asuhan keperawatan. diketahui Motivasi menjadi faktor yang paling berhubungan dengan mutu pendokumentasian asuhan keperawatan. Bagi perawat yang sudah baik motivasi dalam pendokumentasian asuhan keperawatan hendaknya dipertahankan dan bagi perawat yang masih kurang motivasinya, hendaknya ditingkatkan. Kepala Bidang Keperawatan perlu menjadwalkan kegiatan rutin supervisi kepala ruangan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat menemukan faktor lain yang berhubungan dengan mutu pendokumentasian asuhan keperawatan seperti pelatihan supervisi bagi kepala ruangan, reward, punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 06-19 Sus f
Uncontrolled Keywords: motivasi, supervisi, beban kerja, mutu pendokumentasian asuhan keperawatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ENDANG SUSIANA, 131711123063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Dwi Wahyuni, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorCandra Panji ASmoro, S. Kep., Ns., M. Kep.,UNSPECIFIED
Thesis advisorAndri Setiya Wahyudi, Dr., S.Kep., Ns., M. KepUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:29
Last Modified: 21 Mar 2019 07:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81253
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item