PENGARUH INDIVIDUAL COACHING TERHADAP EFIKASI DIRI, PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN DAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN TB PENELITIAN QUASI EXPERIMENTAL

MARIA FATIMA KOA, 131711123055 (2019) PENGARUH INDIVIDUAL COACHING TERHADAP EFIKASI DIRI, PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN DAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN TB PENELITIAN QUASI EXPERIMENTAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 13-19 Koa p Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text (Fulltext)
FKP.N. 13-19 Koa p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan:Efikasi diri, perilaku pencegahan penularan dan kepatuhan minum obat TB merupakan beberapa faktor yang dapat mendukung program pengendalian Tuberkulosis (TB). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh individual coaching terhadap peningkatan efikasi diri, perilaku pencegahan penularan dan kepatuhan minum obat pada pasien TB paru. Metode : penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan rancangan penelitian pre-post test control group design. Teknik sampling menggunakan total sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 responden yaitu 30 responden pada kelompok perlakuan dan 30 responden pada kelompok kontrol. Pelaksanaan pada kelompok perlakuan dilakukan 5 tahap yang diberikan dengan kunjungan rumah dengan durasi 60 menit. Dengan membagi kuesioner dan observasi di Puskesmas Oesapa kemudian dilanjutkan saat kunjungan rumah. Penelitian dilakukan selama 2 minggu. Variabel independen dalam penelitian ini adalah individual coaching dan variabel dependennya adalah efikasi diri, perilaku pencegahan penularan dan kepatuhan minum obat TB. Uji statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon sign rank dan uji mann whitney Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh individual coaching terhadap efikasi diri (p=0,000). Hasil tersebut juga menunjukkan adanya pengaruh individual coaching terhadap perilaku pencegahan penularan TB dalam bentuk pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), dan tindakan (p=0,000) serta kepatuhan minum obat TB (p=0,000).Diskusi: metode Individual Coaching berpengaruh terhadap efikasi diri, perilaku pencegahan penularan dan kepatuhan minum obat TB karena lebih berfokus pada mengajarkan, melatih dan memotivasi pasien dalam melakukan pengobatan TB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 13-19 Koa p
Uncontrolled Keywords: Individual Coaching,Tuberkulosis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsEmail
MARIA FATIMA KOA, 131711123055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTintin Sukartini, Dr., S.Kp.,M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorIka Nur Pratiwi, S.Kep.,Ns.,M.Kep,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Mar 2019 09:45
Last Modified: 21 Mar 2019 09:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81268
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item