RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BALITA DI KABUPATEN LUMAJANG DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK TRIRESPON BERDASARKAN ESTIMATOR WEIGHTED LEAST SQUARE SPLINE SEBAGAI PEMANTAUAN DINI TERHADAP TUMBUH KEMBANG BALITA

ISTIQLAL ABADIYAH SUKMA PUTRI, 081511833054 (2019) RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BALITA DI KABUPATEN LUMAJANG DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK TRIRESPON BERDASARKAN ESTIMATOR WEIGHTED LEAST SQUARE SPLINE SEBAGAI PEMANTAUAN DINI TERHADAP TUMBUH KEMBANG BALITA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses tumbuh kembang anak, khususnya masa balita merupakan periode terpenting atau disebut dengan golden age atau masa emas dan menjadi fokus utama dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Seiring dengan bertambahnya usia, pertumbuhan balita cenderung mengalami perubahan dan perkembangan. Perilaku kurva pertumbuhan balita pada setiap umur tidak sama. Pada batas usia satu tahun pertama, pertumbuhan berat badan balita sangat cepat dan satu tahun selanjutnya cenderung melambat seiring bertambahnya usia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang grafik standar pertumbuhan balita di Kabupaten Lumajang berdasarkan berat badan, tinggi badan, dan Indeks Massa Tubuh (IMT) di Kabupaten Lumajang berdasarkan regresi nonparametrik trirespon dengan estimator weighted least square spline. Unit observasi dalam penelitian ini terdiri dari 8350 balita dengan persentil dari berat badan, tinggi badan, dan indeks massa tubuh balita sebagai variabel respon serta usia balita sebagai variabel prediktor. Model terbaik didapatkan dengan mengestimasi berat badan, tinggi badan, dan indeks massa tubuh di masing-masing usia berdasarkan kriteria GCV minimum dari kombinasi orde dan titik-titik knot. Rancangan grafik standar pertumbuhan balita dengan weighted least square spline trirespon baik dalam menggambarkan pertumbuhan balita di Kabupaten Lumajang dengan ratarata R-square pada balita laki-laki masing-masing sebesar 99,96% dan 99,948%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST S 01/19 Put r
Uncontrolled Keywords: Body mass index, height, standard growth, trirespon, weight, weighted least square spline
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
ISTIQLAL ABADIYAH SUKMA PUTRI, 081511833054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2019 05:11
Last Modified: 22 Mar 2019 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item