PEMODELAN KEPERCAYAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE BERDASARKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE(Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya)

NINDA AYU PUSPITA RAHMAYANTI, 081511833006 (2019) PEMODELAN KEPERCAYAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI E-COMMERCE BERDASARKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE(Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan teknologi informasi yang sangat pesat telah menciptakan peluang bisnis baru yakni sistem perdagangan dengan menggunakan media internet yang dikenal dengan istilah electronic commerce (e-commerce). E-commerce adalah transaksi bisnis antara beberapa penjual dan pembeli yang saling terhubung melalui internet. Berdasarkan data dari survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyedia Layanan Internet Indonesia, diperoleh informasi bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 telah meningkat sebesar 10,56 juta dibandingkan dengan 2016. Semakin tinggi jumlah pengguna internet tidak menyebabkan nilai transaksi ecommerce juga meningkat, hal tersebut dikarenakan nilai transaksi e-commerce menurun, yaitu pada 2014 nilai transaksi e-commerce mencapai 150 triliun rupiah sedangkan pada 2016 nilai transaksi e-commerce hanya mencapai 75 triliun rupiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan variabel yang mempengaruhi kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian melalui e-commerce dan untuk mengetahui model terbaik yang mempengaruhi kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian melalui e-commerce dengan pendekatan Structural Equation Modeling Partial Least Square dalam rangka untuk meningkatkan nilai transaksi ecommerce. Variabel laten eksogen yang digunakan adalah motivasi hedonik, desain website, promosi dan distribusi barang. Sedangkan kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen melalui e-commerce menjadi variabel endogen. Penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada responden. Berdasarkan data dari 400 responden mahasiswa Universitas Airlangga diperoleh model struktural yang menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi kepercayaan konsumen dalam belanja melalui e-commerce hanya desain website, sedangkan variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui ecommerce adalah motivasi hedonik, desain website dan promosi. Nilai R-Square untuk variabel laten endogen kepercayaan konsumen adalah 80,84% dan untuk variabel laten endogen keputusan pembelian adalah 77,28%, dengan nilai Goodness of Fit 0,761516 sehingga dapat dinyatakan bahwa keseluruhan model valid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST S 11/19 Rah p
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Partial Least Square, Structural Equation Modeling
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8779-8793 Actuarial science. Statistical theory and methodology applied to insurance
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsEmail
NINDA AYU PUSPITA RAHMAYANTI, 081511833006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArdi Kurniawan, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:33
Last Modified: 22 Mar 2019 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item