PERILAKU MEMBACA BACAAN CETAK DAN DIGITAL PADA SISWA SMA DI KOTA SURABAYA

AKIRA PRAMONG, 071411631006 (2019) PERILAKU MEMBACA BACAAN CETAK DAN DIGITAL PADA SISWA SMA DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.06 19 Pra p.pdf

Download (28kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.06 19 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.06 19 Pra p.pdf

Download (214kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan membaca merupakan salah satu hal yang berubah karena seiring berkembangnya teknologi digital dan internet saat ini. Dimana siswa juga termasuk ke dalam generasi milenial yang semakin mahir dalam mengakses informasimelalui internet. Dahulu siswa membaca berita atau informasi melalui buku, koran dan media cetak lainnya, akan tetapi saat ini seiring berkembangnya teknologi banyak siswa yang membaca berita dan mencari informasi melalui media digital. Fenomena tersebut yang mendorong penulis untuk melakukan sebuah penelitian tentang perilaku membaca bacaan cetak dan digital pada siswa SMA di kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku membaca dan perbedaan perilaku membaca bacaan cetak dan digital pada siswa SMA di kota Surabaya, serta untuk mengetahui preferensi dan dasar pertimbangan preferensi siswa dalam memilih bacaan dalam melakukan kegiatan membaca. Sebanyak seratus kuesioner dan sebanyak seratus siswa kelas X dan XI berpartisipasi dalam penelitian ini yang berasal dari SMAN 16 Surabaya dan SMA Dharma Wanita Surabaya, dengan pengambilan responden menggunakan multistage random sampling. Hasilnya adalah bacaan digital dan media digital dapat mengalahkan kedudukan bacaan cetak dan media cetak dalam kegiatan membaca. Dengan intensitas waktu membaca selama 1 jam setiap hari dan novel yang bergenre romance menjadi jenis bacaan digital yang paling disukai siswa untuk dibaca. Dengan menggunakan website siswa dapat mendapatkan referensi bacaan digital yang mereka butuhkan. Membaca bacaan digital membuat siswa mengalami tingkat konsentrasi lebih tinggi daripada membaca bacaan cetak. Salah satu kekurangan utama membaca bacaan digital adalah rendahnya resolusi layar monitor yang menyebabkan tidak nyaman dimata. Pembaca bacaan cetak sangat jarang mengalami gangguan konsentrasi ketika membaca. Pada penelitian ini, Teman adalah faktor utama yang mendasari preferensi pada siswa SMA di kota Surabaya dalam memilih bacaan dan media untuk dibaca, dimana dalam penelitian ini Teman termasuk ke dalam faktor kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.06/19 Pra p
Uncontrolled Keywords: Perilaku membaca, bacaan digital, bacaan cetak, minat baca, internet.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
AKIRA PRAMONG, 071411631006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMeinia Prasyesti Kurniasari, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Mar 2019 08:57
Last Modified: 22 Mar 2019 08:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item