PERILAKU MENGELOLA INFORMASI PRIBADI (PERSONAL INFORMATION MANAGEMENT) TENTANG HOBI DI KALANGAN SISWA SMA

NAFAHATIN NUR, 071411631067 (2019) PERILAKU MENGELOLA INFORMASI PRIBADI (PERSONAL INFORMATION MANAGEMENT) TENTANG HOBI DI KALANGAN SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.07 19 Nur p.pdf

Download (135kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.07 19 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.07 19 Nur p.pdf

Download (272kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku mengelola informasi pribadi dapat membantu individu dalam menggunakan dan menemukan kembali informasi yang mereka miliki dengan baik. Dalam hal ini, aktivitas mengelola informasi dilakukan oleh siapa saja untuk memudahkan aktivitas pemanfaatan informasi pribadi mereka, termasuk juga oleh siswa SMA. Siswa SMA memiliki aktivitas sehari-hari yang sangat beragam, baik akademik ataupun non-akademik. Mereka dituntut untuk memiliki informasi yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitasnya tersebut. Adapun salah satu aktivitas yang mendorong siswa melakukan aktivitas pengelolaan informasi adalah aktivitas hobi. Dengan mengakses, menyimpan, dan mengelola informasi tentang hobi siswa berharap dapat menjalankan aktivitas hobinya (sebagai aktivitas rekreasi) dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini dikaji menggunakan konsep PIM dari Willim Jones dan Teevan yang terdiri dari 3 (tiga) bagian utama, yakni penemuan (finding), penyimpanan (keeping), dan meta-level dengan menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitaif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden dan bertujuan untuk melihat gambaran jenis hobi yang dimiliki siswa SMA serta penerapan aktivitas pengelolaan informasi pribadi pada koleksi Informasi tentang Hobi mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan jika siswa SMA memiliki jenis hobi yang sangat beragam, akan tetapi jenis hobi yang paling diminati adalah membaca (24%) dan menulis (14%). Kemudian terkait penemuan informasi, 55% siswa menggunakan informasi review sebagai informasi awal dalam mengakses Informasi tentang Hobi yang dibutuhkan dan 98% siswa melakukan pencarian informasi menggunakan computer-based system. Selanjutnya, 59% siswa menyimpan seluruh Informasi tentang Hobi yang mereka miliki dengan cara menyusun dan mengelompokkan (50%), sedangkan 41% siswa tidak menyimpan Informasi tentang Hobi dengan alasan informasi sudah tersimpan secara publik di dunia maya (internet). Sedangkan, dalam penyebaran informasi 73% siswa menerima Informasi tentang Hobi dari sosial media dan 41% membagikannya melalui obrolan langsung. Dari kesluruhan aktivitas yang dilakukan 69% siswa mengaku Informasi tentang Hobi yang disimpan dan dikelola dapat bermanfaat dalam pelaksanaan aktivitas hobi mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.07/19 Nur p
Uncontrolled Keywords: personal information management, student, hobby, information collectio, Indonesia
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
NAFAHATIN NUR, 071411631067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Mar 2019 09:09
Last Modified: 22 Mar 2019 09:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item