PERILAKU PENEMUAN INFORMASI CAK DAN NING SEBAGAI DUTA WISATA SURABAYA

SOULTAN OKA SETIAWAN, 071411633007 (2019) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI CAK DAN NING SEBAGAI DUTA WISATA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.09 19 Set p.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.09 19 Set p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.09 19 Set p.pdf

Download (303kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku penemuan informasi Cak dan Ning kota Surabaya sering mengalami hambatan karena minimnya sumber informasi dibidang pariwisata dan kebudayaan. Oleh sebab itu, penelitian ini akan menganalisa perilaku penemuan informasi Cak dan Ning Surabaya dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Model penemuan informasi Bystrom dan Jarvelin digunakan untuk menganalisa perilaku penemuan informasi Cak dan Ning kota Surabaya, dengan melihat dari berbeberapa faktor yang mempengaruhi penemuan informasi yang terdapat dalam model tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif bersifat deskriptif. Penentuan sampel menggunakan sistem total sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 90 sampel yang merupakan semua finalis Cak dan Ning 3 periode terakhir. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan didapatkan hasil yaitu tugas yang diberikan oleh paguyuban mendorong Cak dan Ning melakukan pencarian informasi, sementara diketahui bahwa tugas yang paling sering diterima Cak dan Ning yaitu Guiding didalam organisasi ataau paguyuban faktor lain yang mendorong Cak dan Ning Surabaya untuk melakukan penemuan informasi yaitu fasilitas yang disediakan. Faktor lain yang mendorong Cak dan Ning dalam penemuan informasi seperti faktor personal yaitu tingkat pendidikan Cak dan Ning mempengaruhi tingkat kebutuhan informasi. Pemilihan tindakan Cak dan Ning ketika membutuhkan informasi yaitu dengan membuat prioritas informasi yang dibutuhkan dengan persentase sebesar 70%. 52% dari Cak dan Ning memilih menggunakan saluran informasi di diluar paguyuban. Kemudian setelah informasi yang dibutuhkan telah didapatkan, 78,8% dari responden merasa berhasil menemukan informasi yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.09/19 Set p
Uncontrolled Keywords: Cak dan Ning Surabaya, Perilaku Penemuan Informasi, kebutuhan informasi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
SOULTAN OKA SETIAWAN, 071411633007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Mar 2019 05:56
Last Modified: 23 Mar 2019 05:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item