PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN PASIEN DIABETES MELITUS RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

INES NASA CHARMARICHA, 071411633019 (2019) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN PASIEN DIABETES MELITUS RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.11 19 Cha p.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.11 19 Cha p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.11 19 Cha p.pdf

Download (485kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit yang termasuk dalam sepuluh besar kejadian penyakit terbesar di Jawa Timur. Tipe dari diabetes melitus yang paling umum ditemui di dunia adalah diabetes melitus tipe 2. Ditinjau dari segi fisik, seorang pasien diabetes melitus tipe 2 memiliki kerentanan untuk mengalami komplikasi retinopati atau gangguan mata yang membuat mereka sulit untuk melakukan perilaku penemuan informasi kesehatan. Perilaku penemuan informasi kesehatan sendiri merupakan suatu tindakan yang dapat dilakukan oleh pasien untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang dialami. Ketertarikan dan desakan yang menimbulkan kebutuhan informasi berkaitan dengan permasalahan kesehatan pasien mendorong mereka untuk melakukan perilaku penemuan informasi kesehatan. Tiap individu dengan latar belakang yang berbeda akan menghasilkan perilaku penemuan informasi kesehatan yang berbeda pula. Latar belakang pasien yang beragam akan menghasilkan perbedaan pandangan terhadap karakteristik dan utilitas dari informasi yang akan menunjukkan pemilihan serta penetuan sumber dan saluran informasi yang beragam pula oleh masingmasing pasien dengan karakteristik yang berbeda. Oleh sebab itu, penulis memiliki ketertarikan untuk mengetahui perilaku penemuan informasi kesehatan pasien diabetes melitus ketika melihat fakta bahwa pasien diabetes melitus tipe 2 memiliki kerentanan terhadap komplikasi retinopati yang membentuk keterbatasan akses informasi dalam perilaku penemuan informasi kesehatan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan utitilas sumber dan informasi pada perilaku penemuan informasi kesehatan pasien diabetes melitus, serta mengetahui perilaku penemuan informasi kesehatan pasien itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan lokasi penelitian pada Instalasi Rawat Jalan Endokrinologi, RSUD. Dr. Soetomo Surabaya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.11/19 Cha p
Uncontrolled Keywords: Keterbatasan Akses Informasi, Pasien Diabetes Melitus Tipe 2, Perilaku Penemuan Informasi Kesehatan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
INES NASA CHARMARICHA, 071411633019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Soesantari, Dr., Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Mar 2019 06:26
Last Modified: 23 Mar 2019 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81336
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item