PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN OLEH ORANG TUA ANAK PENDERITA LEUKEMIA DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

TUTUT SRI WAHYUNI, 071411631045 (2019) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN OLEH ORANG TUA ANAK PENDERITA LEUKEMIA DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.12 19 Wah p.pdf

Download (27kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.12 19 Wah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.12 19 Wah p.pdf

Download (389kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker darah atau Leukemia merupakan kanker yang banyak diderita oleh anak-anak dengan resiko kematian cukup tinggi. Kurangnya pengetahuan tentang penyakit leukemia menjadi faktor yang mempengaruhi orang tua melakukan penemuan informasi. Dan melihat kondisi anak-anak yang belum mampu berfikir secara mandiri,menjadikan suatu perhatian tersendiri bagi orang-orang terdekatnya untuk membantu mereka mengatasi permasalahan kesehatan. Orang tua sebagai orang yang terdekat sekaligus mengawasi tumbuh kembang anak memiliki peran untuk kesembuhan anaknya. Untuk membantu proses kesembuhan anak penderita leukemia, orang tua aktif melakukan penemuan informasi. Penemuan informasi yang dilakukan orang tua anak penderita sebagai dasar pemenuhan kebutuhan informasi Informasi, yang dapat dilakukan dengan banyak cara baik secara online maupun offline. Dapat berkonsultasi dengan ahli kesehatan, sesama keluarga pasien leukemia maupun keluarga. Ini semua untuk memenuhi kebutuhan informasinya.Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagimana faktor latar belakang penemuan informasi kesehatan oleh orang tua anak penderita leukemia, faktor karakteristik dan utilitas penyedia informasi kesehatan bagi orang tua anak penderita leukemia, dan perilaku penemuan informasi kesehatan oleh orang tua anak penderita leukemia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif, yang mana menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang perilaku penemuan informasi kesehatan yang dilakukan oleh orang tua anak penderita leukemia di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Pemilihan responden yang dilakukan dengan metode purposive dengan kriteria orang tua yang memiliki anak penderita leukemia yang berada di RSUD Dr. Soetomo Surabya dan usia anak yang menderita memiliki rentang usia 3 bulan sampai 12 tahun dengan jumlah sebanyak 100 responden. Sehingga data yang dibutuhkan dapat terpenuhi sesuai dengan kriteria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.12/19 Wah p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Penemuan Informasi, Orang Tua Anak Penderita Leukemia, Kebutuhan Informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
TUTUT SRI WAHYUNI, 071411631045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Mar 2019 07:29
Last Modified: 23 Mar 2019 07:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81337
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item