LITERASI PRIVASI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA STRATA 1 UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Zunita Ayu Eka Sari, 071411631069 (2019) LITERASI PRIVASI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA STRATA 1 UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.14 19 Sar l.pdf

Download (175kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.14 19 Sar l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.14 19 Sar l.pdf

Download (379kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengguna aktif media sosial Instagram di Indonesia akhir-akhir ini berkembang sangat pesat terutama di kalangan mahasiswa. Salah satu aktifitas yang sering dilakukan mahasiswa pengguna Instagram adalah berbagi konten informasi. Namun, tidak jarang konten informasi yang dibagikan bersifat pribadi dan dapat memberikan ancaman privasi pada pengguna. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana literasi privasi yang dimiliki mahasiswa dilihat dari sudut pandang aspek pengetahuan, perilaku dan pengalaman, serta keterkaitan antar ketiga aspek tersebut. Selain itu, beberapa karakteristik yaitu usia, jenis kelamin dan penggunaan gawai yang meliputi intensitas mengakses internet, lama menggunakan Instagram, intensitas mengakses Instagram juga dilihat hubungannya dengan literasi privasi melalui tabulasi silang. Penelitian ini penting karena untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengelola pengungkapan informasi pribadinya agar tidak terkena masalah privasi di Instagram. Lebih lanjut, peneliti menggunakan pendekatan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive pada mahasiswa S1 Universitas Airlangga Surabaya. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yakni penyebaran angket secara online, kemudian diolah dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi mahasiswa S1 Universitas Airlangga adalah sedang, dengan urutan aspek dominan yakni pengetahuan, perilaku hingga pengalaman. Gambaran hubungan masing-masing aspek literasi privasi tersebut menunjukkan hasil yang beragam. Gambaran hubungan antara aspek pengetahuan dengan perilaku dan aspek pengalaman dengan pengetahuan tidak menunjukkan kecenderungan. Sementara gambaran keterkaitan antara aspek perilaku dengan pengalaman menunjukkan adanya hubungan. Selain gambaran tingkat literasi privasi tersebut, penelitian ini juga menemukan terdapat kecenderungan antara karakteristik yang dimiliki mahasiswa dengan tingkat kemampuan literasi privasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.14/19 Sar l
Uncontrolled Keywords: Literasi privasi, Pengungkapan informasi pribadi, Mahasiswa Universitas Airlangga, Media sosial Instagram
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Zunita Ayu Eka Sari, 071411631069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Mar 2019 07:56
Last Modified: 23 Mar 2019 07:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81339
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item