ANALISIS SITIRAN DAN KOMPETENSI LITERASI INFORMASI PADA LULUSAN MAGISTER UNIVERSITAS AIRLANGGA (Suatu Kajian Bibliometrika terhadap Tesis Lulusan Magister Fakultas Farmasi dan FISIP periode 2015-2017)

DUWI PREBRIYUWATI NINGSIH, 071411631078 (2019) ANALISIS SITIRAN DAN KOMPETENSI LITERASI INFORMASI PADA LULUSAN MAGISTER UNIVERSITAS AIRLANGGA (Suatu Kajian Bibliometrika terhadap Tesis Lulusan Magister Fakultas Farmasi dan FISIP periode 2015-2017). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.16 19 Nin a.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.16 19 Nin a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.16 19 Nin a.pdf

Download (526kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis sitiran menjadi salah satu metode yang efektif dalam menilai tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa. Analisis sitiran mengkaji terkait literatur-literatur yang digunakan dalam tesis mahasiswa, sehingga menghasilkan data yang bersifat obyektif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola sitiran, serta keterkaitannya dengan kompetensi literasi informasi lulusan magister. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampel dengan jumlah sampel sebanyak 225 lulusan magister, yang terbagi dalam 2 bidang keilmuan yakni 72 magister FF (science) dan 153 magister FISIP (social science). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian bibliometrika lebih spesifik pada analisis sitiran. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini, sebagai berikut: a) rata-rata sitiran yang digunakan oleh magister FF adalah 68 sitiran dan pada magister FISIP adalah 60 sitiran; b) Jenis literatur yang banyak digunakan dalam tesis magister FF adalah jurnal (60.0%), sedangkan pada tesis magister FISIP adalah buku (47.6%); c) penggunaan website dengan domain .com masih ditemukan pada tesis magister FF dan FISIP; d) Penggunaan literatur berbahasa asing pada tesis lulusan magister FF yakni 83.8%, sedangkan pada tesis lulusan magister FISIP 45.7%; e) Sebagian besar rujukan yang digunakan dalam tesis magister FF dan FISIP tergolong update. Sehingga, total kualitas sitiran yang pada lulusan magister FF tegolong tinggi, sedangkan pada lulusan magister FISIP tergolong sedang. Selain itu, dalam penelitian ini juga diperoleh hasil mengenai keterkaitan antara analisis sitiran dan kompetensi literasi informasi baik secara parsial maupun secara keseluruhan. Berdasarkan hasil temuan, dapat diketahui bahwa penelitian ini tidak hanya menggambarkan pola sitiran serta keterkaitannya dengan kemampuan literasi informasi, melainkan juga menghasilkan temuan terkait kualitas sitiran yang diukur berdasarkan data yang telah dihimpun dari tesis lulusan magister.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.16/19 Nin a
Uncontrolled Keywords: Analisis sitiran, Literasi informasi, Lulusan magister FF dan FISIP Universitas Airlangga
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DUWI PREBRIYUWATI NINGSIH, 071411631078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra., M.I.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Mar 2019 01:41
Last Modified: 25 Mar 2019 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item