PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN ADVOKAT (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Advokat di Surabaya)

LATIFA ETIKANADYA, 071511623013 (2019) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN ADVOKAT (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Advokat di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.22 19 Eti p.pdf

Download (105kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.22 19 Eti p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.22 19 Eti p.pdf

Download (740kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semua kalangan professional membutuhkan informasi untuk menjalankan peran dan tugas mereka, salah satunya advokat. Oleh karena itu advokat akan melakukan penemuan informasi untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Penelitian ini menggunakan teori Model Penemuan Informasi kalangan professional oleh Leckie et al (1996). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan tugas mempengaruhi karakteristik kebutuhan informasi kalangan profesi advokat, untuk mengetahui bagaimana sumber informasi dan pemahaman informasi terhadap perilaku penemuan informasi, untuk mengetahui bagaimana hasil akhir dari proses penemuan informasi di kalangan advokat di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif deskriptif, dengan pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling menggunakan kriteria tertentu sejumlah 100 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kemudian diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian diketahui bahwa peran dan tugas yang paling sering dilakukan oleh advokat adalah penyedia layanan dan peneliti. Sumber informasi yang digunakan advokat adalah sumber informasi formal yaitu jurnal atau buku. Pemahaman informasi dipengaruhi oleh variable kebiasaaan dan keberhasilan sebelumnya, kepercayaan, kemasan dan ketepatan waktu, biaya, kualitas dan aksesibilitas. Hasil akhir proses penemuan informasi adalah optimal. Ketika hasil tidak optimal maka dilakukan feedback dengan cara membandingkan sumber informasi yang telah digunakan sebelumnya dengan sumber informasi lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.22/19 Eti p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Penemuan Informasi, Penemuan Informasi kalangan Professional, Advokat
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
LATIFA ETIKANADYA, 071511623013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:20
Last Modified: 25 Mar 2019 02:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81366
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item