HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN KINERJA KONTEKSTUAL PADA GURU SEKOLAH DASAR SWASTA DI KECAMATAN LOWOKWARU, KOTA MALANG

RISTA NANDYA SAFIRA, 111311133108 (2018) HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN KINERJA KONTEKSTUAL PADA GURU SEKOLAH DASAR SWASTA DI KECAMATAN LOWOKWARU, KOTA MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 60-19 Saf h Abstrak.pdf

Download (47kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 60-19 Saf h.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah terdapat hubungan yang signifikan pada hubungan kesejahteraan psikologis dengan kinerja kontekstual guru Sekolah Dasar Swasta di kecamatan Lowokwaru, kota Malang.Ryff & Keyes, 1995:725 mendeskripsikan kesejahteraan psikologis sebagai pandangan seseorang terhadap tujuan hidupnya,apakah individu tersebut sadar akan potensi-potensi yang dia miliki, bagaimana kualitas hubungan individu tersebut dengan orang lain serta sejauh mana individu itu bertanggung jawab akan kehidupan yang dia jalani. Kinerja kontekstual (contextual performance) merupakan perilaku yang berkontribusi terhadap efektivitas organisasi melalui dampaknya pada konteks kerja psikologis, sosial, dan organisasi (Campbell, McHenry, & Wise, 1990). Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tujuan eksplanatoris yaitu untuk menjelaskan hubungan antar variabel melalui uji hipotesis. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesejahteraan psikologis sedangkan variabel tergantung adalah kinerja kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Swasta di kecamatan Lowokwaru, kota Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik simple random sampling adalah teknik penentuan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata (Neuman, 2007). Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 200 orang yang berasal merupakan guru Sekolah Dasar Swasta di kecamatan Lowokwaru, kota Malang. Alat pengumpul data pada penelitian ini menggunakan skala kinerja kontekstual disusun berdasarkan teori kinerja menurut Goodman & Svyantek (1999) dan skala kesejahteraan psikologis berdasarkan teori dari Carol D. Ryff (1989). Analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik spearman’s rho dengan bantuan program SPSS versi 22.0 for windows. Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja kontekstual (r=0,386; =0,000).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 60-19 Saf h
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan psikologis, kinerja, kinerja kontekstual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
RISTA NANDYA SAFIRA, 111311133108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCholichul Hadi, Prof. Dr., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Mar 2019 05:04
Last Modified: 30 Mar 2019 05:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81526
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item