TEKNIK PEMIJAHAN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR SUKABUMI JAWA BARAT

ASNA AMALIA MABRUROH, 141411133043 (2018) TEKNIK PEMIJAHAN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR SUKABUMI JAWA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan: Budidaya Perairan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 55-19 Mab t Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 55-19 Mab t.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perairan Indonesia yang luas menawarkan produktivitas ikan konsumsi yang berlimpah. Selain ikan konsumsi yang bersumber dari laut, negeri kita juga kaya akan ikan konsumsi yang berasal dari air tawar. Ikan-ikan ini dipasaran masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dari sekian banyak ikan air tawar, ikan gurami, ikan lele, dan ikan nila merupakan ikan jenis air tawar yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Ikan gurami (Osphronemus goramy), merupakan ikan konsumsi yang populer di daerah Asian Tenggara, khususnya Indonesia. Hal ini karena ikan gurami memiliki kelebihan yaitu rasa daging yang enak, pemeliharaan mudah serta harga relatif stabil. Ikan ini sudah lama dikenal orang dan telah banyak dibudidayakan. Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar (BBPBAT) di Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 23 januari – 23 februari 2017. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif, dengan cara melakukan pengamatan langsung sehingga didapatkan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik Pemijahan ikan gurami meliputi pemeliharaan induk, seleksi induk, pemberian pakan, pemanenan telur, penetasan telur, pemeliharaan larva, pengelolaan kualitas air, dan pencegahan pertumbuhan hama dan penyakit pada ikan. Pada pemijahan ikan gurami kolam menggunakan bak beton. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemijahan gurami adalah kualitas air, pakan, dan lingkungan sekitar. Hambatan yang dialami dalam pemijahan adalah faktor suhu dan hama yang menyerang telur ikan gurami.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 55-19 Mab t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pemijahan, Ikan Gurami (Osphronemus gouramy)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ASNA AMALIA MABRUROH, 141411133043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdriana Monica SahiduUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Mar 2019 08:08
Last Modified: 30 Mar 2019 08:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81555
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item