PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION PADA KARYAWAN CV. INGGIL JAYA MOJOKERTO

BELLA NANDA STEVANIE, 041311233136 (2019) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION PADA KARYAWAN CV. INGGIL JAYA MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu bentuk perilaku karyawan yang dapat merusak kinerja perusahaan adalah keinginan berpindah (turnover intention) yang berujung pada keinginan untuk meninggalkan pekerjaannya. Turnover intentions dapat dipengaruhi oleh perceived organizational support, dimana karyawan yang tidak mendapatkan dukungan dari organisasi maka cenderung untuk meninggalkan organisasi. Selain itu beberapa ahli mengemukakan bahwa variabel job satisfaction dapat memediasi hubungan antara perceived organizational support terhadap turnover intention. Dukungan yang diberikan oleh organisasi dapat menghasilkan respon yang baik bagi karyawan misalnya dapat meningkatkan kepuasan kerja, selain itu bagi organisasi juga dapat memberikan keuntungan yaitu dapat menurunkan turnover intention. Sehingga proses dukungan dari organisasi tersebut dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini akan mengkaji pengaruh dari variabel perceived organizational support terhadap turnover intention yang dimediasi oleh job satisfaction pada karyawan CV. INGGIL JAYA. Sampel yang digunakan sebanyak 40 karyawan.. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perceived organizational support berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Serta juga disimpulkan bahwa job satisfaction sebagai mediasi dari perceived organizational support terhadap turnover intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 134/19 Ste p
Uncontrolled Keywords: perceived organizational support, job satisfaction, turnover intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
BELLA NANDA STEVANIE, 041311233136UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dr. , SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2019 11:40
Last Modified: 01 Apr 2019 11:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item