“DENTAL SANTRI SCHOOL PROGRAM (DENTSPRO) SEBAGAI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PONDOK PESANTREN”

ADITYA MUKTI SETYAJI, 020810015 (2019) “DENTAL SANTRI SCHOOL PROGRAM (DENTSPRO) SEBAGAI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PONDOK PESANTREN”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (180kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 4 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Pesantren memiliki peran penting untuk kemajuan dan pembangunan nasional dengan menjadi pemimpin generasi berikutnya yang memiliki integritas moral. Sayangnya, sebuah pondok pesantren sering dilihat sebagai lingkungan kumuh pendidikan, kurang terpelihara, dan jauh dari nilai-nilai kesehatan, terutama pada kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dapat dilihat dari survey pendahuluan, 18 dari 21 santri mempunyai gigi berlubang dan hanya 2 dari mereka yang berobat ke dokter gigi. Oleh karena itu, diperlukan suatu program pendidikan terpadu antara pendidikan pesantren dan pendidikan kesehatan gigi yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan gigi di pondok pesantren dalam rangka menciptakan lingkungan yang peduli. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kesadaran tentang pendidikan kesehatan gigi dengan metode belajar yang inovatif dan juga menciptakan kader kesehatan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan gigi masyarakat pesantren. Metode : Sampel adalah 22 santri yang akan mendapatkan pelatihan DENTSPRO untuk menjadi kader. Bentuk pelatihan sebagai satu kelompok metode DENTSPRO. Pengukuran akan diambil dalam tiga aspek, kognitif dengan kuesioner, psikomotorik dengan menggunakan indeks PHP, dan afektif oleh parameter kelompok. Hasil : Ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dengan nilai p <0,05. Kesimpulan : Hal ini dapat disimpulkan, Metode DENTSPRO memberikan peningkatan melalui tiga aspek penilaian dalam upaya meningkatkan tingkat kesehatan mulut di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 81/19 Set d
Uncontrolled Keywords: Dental Santri School Program (DENTSPRO), Dental Health Education, Integration Program
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsEmail
ADITYA MUKTI SETYAJI, 020810015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndah Laksminiwati, , drg., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2019 06:49
Last Modified: 04 Apr 2019 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81638
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item