FUNGSI DAN PERAN SATUAN KERJA AUDIT INTERNAL (SKAI) DALAM MENDETEKSI DAN MENCEGAH TERJADINYA FRAUD DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (PADA PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL, Tbk CABANG SURABAYA)

RAHMAWATI HARTININGSIH, 041511323056 (2019) FUNGSI DAN PERAN SATUAN KERJA AUDIT INTERNAL (SKAI) DALAM MENDETEKSI DAN MENCEGAH TERJADINYA FRAUD DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (PADA PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL, Tbk CABANG SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 5 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

SKAI merupakan kepanjangan tangan dari para Dewan Komisaris dimana mereka memiliki fungsi untuk dapat menjalankan salah satu tanggung jawabnya melakukan pengawasan kepada seluruh karyawan atas segala kegiatan operasional perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Peneliti melakukan observasi terhadap kegiatan pemeriksaan internal yang dilakukan oleh tim audit internal (SKAI) ke Bank Artha Graha Internasional. Peneliti melakukan proses wawancara kepada salah satu tim SKAI juga beberapa karyawan. Wawancara dilakukan agar peneliti lebih memahami bagaimana proses kerja tim SKAI dari awal peeriksaan hingga nantinya hasil pemeriksaan tersebut akan dilaporkan kepada Dewan Direksi dan Komisaris untuk dilakukan evaluasi dan juga pemberian saran dan masukan atas cabang yang telah diperiksa. Dokumentasi juga diperlukan sebagai bukti atas adanya pemeriksaan internal yang telah dilaksanakan di Bank Artha Graha Internasional, Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemeriksaan yang selama ini telah berjalan di Bank Artha Graha Internasional cabang Surabaya telah berjalan dengan efektif. SKAI telah menjalankan fungsi dan perannya untuk dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya fraud, menyampaikan berbagai analisis, penilaian, rekomendasi, nasihat dan informasi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang diperiksa sehingga perusahaan dapat mewujudkan Good Corpoaret Governance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 103/19 Har f
Uncontrolled Keywords: SKAI, Pemeriksaan Internal, Good Corporate Governance
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMAWATI HARTININGSIH, 041511323056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdianto, Dr.,SE.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:56
Last Modified: 05 Apr 2019 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item