EDUTOURISM PUSPA LEBO KABUPATEN SIDOARJO (Studi Deskriptif Tentang Edutourism Puspa Lebo Sebagai Alternatif Objek Wisata Di Kabupaten Sidoarjo)

NANDYA WIELLA PITALOKA, 151511413048 (2019) EDUTOURISM PUSPA LEBO KABUPATEN SIDOARJO (Studi Deskriptif Tentang Edutourism Puspa Lebo Sebagai Alternatif Objek Wisata Di Kabupaten Sidoarjo). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kawasan yang sebenarnya memiliki potensi wisata yang beragam. Salah satu potensi wisatanya yaitu UPT. Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura yang bernama Puspa Lebo binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur. Puspa Lebo mensinergikan ilmu pertanian dan pariwisata karena hasil pertanian yang dikelola oleh Puspa Lebo seperti budidaya buah melon langkawi dapat menjadi daya tarik kegiatan pariwisata. Pengunjung yang datang ke Puspa Lebo di dominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa untuk mengetahui cara budidaya tanaman, untuk penelitian hingga studi banding. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut tentang edutourism Puspa Lebo sebagai alternatif objek wisata di Kabupaten Sidoarjo. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menyajikan gambaran mengenai komponen yang terdapat pada Agrowisata Puspa Lebo yang dapat menjadikan daya tarik wisata serta kharakteristik pengunjung yang berkunjung ke Puspa Lebo. Dalam pengumpulan datanya, teknik yang digunakan adalah observasi, pedoman wawancara dan pemanfaatan bahan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Agrowisata Puspa Lebo mempunyai komponen-komponen supply internal dan eksternal. Komponen yang tersedia seperti adanya atraksi wisata, amenitas, transportasi, akomodasi serta infrastruktur. Serta adanya aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung ketika berkunjung seperti mencoba melakukan penanaman tanaman secara langsung, menyaksikan proses budidaya tanaman maupun buah hasil UPT.PATPH, dapat mencoba buah hasil pertanian Puspa Lebo, memperoleh materi tentang pertanian serta menelusuri setiap ruang dan lahan yang ada di Puspa Lebo hingga memutuskan untuk membeli buah atau tanaman hasil dari Puspa Lebo sebagai buah tangan untuk dibawa ke rumah. Semuanya itu merupakan daya tarik edutourism Puspa Lebo untuk menjadi alternatif objek wisata di Kabupaten Sidoarjo. Namun kondisi Puspa Lebo dalam pengelolaannya kurang berinovasi dalam menata fasilitas dan sarana yang telah tersedia sehingga dapat menjadi kendala yang harus diselesaikan oleh Puspa Lebo serta perlu adanya kerjasama antara kedinasan seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan agar dapat menjadikan Puspa Lebo sebagai wisata alternatif di Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 02/19 Pit e
Uncontrolled Keywords: komponen eduwisata, karakteristik pengunjung eduwisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NANDYA WIELLA PITALOKA, 151511413048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNoianto Edi S, SST Par.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2019 06:49
Last Modified: 08 Apr 2019 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item