PENGEMBANGAN OBYEK WISATA (Studi Deskriptif Tentang Pengembangan Obyek Wisata Teksas Wonocolo Sebagai Obyek Wisata Edukasi Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro)

GILANG ISTIGHFARIL AZMI, 151511413069 (2019) PENGEMBANGAN OBYEK WISATA (Studi Deskriptif Tentang Pengembangan Obyek Wisata Teksas Wonocolo Sebagai Obyek Wisata Edukasi Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (59kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obyek wisata Teksas Wonocolo merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Obyek wisata ini bertema adanya sumur-sumur penambangan minyak tradisional tua yang sudah ada sejak zaman Belanda. Dari adanya banyak penambangan minyak berupa sumur tua ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro menjadikannya sebagai wisata edukasi, karena dapat dijadikan pembelajaran sebagai sejarah maupun proses penambangan minyak tradisional. Wisata edukasi merupakan konsep wisata yang menerapkan pendidikan nonformal tentang suatu pengetahuan kepada wisatawan yang berkunjung ke suatu obyek wisata. Dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro harus memperbaiki langkah yang harus dilakukan dalam pengembangan obyek wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi informasi mengenai sejauh mana pengembangan obyek wisata Teksas Wonocolo sebagai obyek wisata edukasi yang dilakukan oleh pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro. Adapun tujuan lainnya adalah memberi informasi mengenai kendala apa saja yang dialami oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam pengembangan obyek wisata tersebut. Dalam penelitian kali ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bersifat global yaitu membuktikan suatu permasalahan dengan datadata yang diperoleh ketika melakukan observasi dan wawancara dengan informan yang terlibat langsung dalam permasalahan. Dalam penentuan lokasi penulis memilih obyek wisata teksas wonocolo, karena obyek wisata ini memiliki potensi untuk dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah melalui wawancara, observasi, serta penggunaan bahan dokumen, baik resmi maupun pribadi. Teknik analisa data, langkah yang diambil penulis adalah penafsiran yang dilakukan adalah secara deskriptif dimana data kualitatif diperoleh dari gambaran yang teratur tentang fokus penelitian.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 38/19 Azm p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Obyek Wisata, Wisata Edukasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GILANG ISTIGHFARIL AZMI, 151511413069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAndy Umardiono, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:06
Last Modified: 06 Aug 2019 04:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81700
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item