EKSPRESI BRAIN DERIVED NEUROTROPHIC FACTOR DAN JUMLAH AKSON BERMYELIN SETELAH APLIKASI PLATELET RICH PLASMA PADA CEDERA SARAF AKSONOTMESIS

MEILIA AQUINA HAKIM, 021618026308 (2019) EKSPRESI BRAIN DERIVED NEUROTROPHIC FACTOR DAN JUMLAH AKSON BERMYELIN SETELAH APLIKASI PLATELET RICH PLASMA PADA CEDERA SARAF AKSONOTMESIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDGS.IPM.05-19 Hak e Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.IPM.05-19 Hak e.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Nyeri orofasial adalah rasa sakit yang timbul akibat gangguan saraf sensorik dan motorik terutama trigeminal dan menimbulkan keluhan seperti sensasi terbakar, hiperalgesia, allodynia serta dysesthesia, sehingga menyebabkan penurunan kualitas hidup pasien. Obat yang ada saat ini hanya efektif mengurangi rasa sakit namun selain memiliki efek samping yang merugikan, obat-obat tersebut tidak efektif memicu terjadinya neuroregenerasi. Neuroregenerasi merupakan pertumbuhan kembali atau kesembuhan jaringan saraf. Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) merupakan faktor neurotropin yang berperan penting dalam diferensiasi, maturase dan pertahanan neuron pada sistem saraf. Platelet Rich Plasma (PRP) diketahui mengandung banyak growth factor dan sitokin sehingga dapat membantu proses perbaikan jaringan dan dapat meningkatkan regenerasi jaringan. PRP berpotensi kuat untuk diteliti lebih lanjut sebagai bahan yang dapat memodulasi BDNF ke arah peningkatan ekspresi, serta perbaikan jaringan saraf. Tujuan: Membuktikan ekspresi BDNF dan ekspresi Krox-20 setelah aplikasi PRP pada cedera saraf aksonotmesis. Metode : Penelitian ini menggunakan hewan coba Rattus norvegicus usia tiga bulan berjumlah 30 ekor dan secara acak dibagi menjadi tujuh kelompok metode loose ligation. Pemeriksaan ekspresi BDNF dan jumlah akson bermyelin didapatkan dari pengecatan imunohistokimia dengan antibodi monoclonal. Sampel diambil pada hari ke-14 dan ke-21. Hasil: Tikus pada kelompok perlakuan pemberian PRP menunjukkan adanya peningkatan ekspresi BDNF dan ekspresi Krox-20 dengan signfikansi <0.05. Kesimpulan: Pemberian PRP dosis berulang selama 21 hari menunjukkan dosis yang paling efektif untuk meningkatkan BDNF, sedangkan dosis tunggal selama 21 hari adalah dosis yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah akson bermyelin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.IPM.05-19 Hak e
Uncontrolled Keywords: Aksonotmesis, Brain Derived Neurotrophic Factor, Akson bermyelin, Platelet Rich Plasma
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Creators:
CreatorsNIM
MEILIA AQUINA HAKIM, 021618026308UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDesiana Radithia, Dr., drg, Sp.PM (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorPriyo Hadi, drg.,MS.,Sp.PM(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Apr 2019 08:02
Last Modified: 08 Apr 2019 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81706
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item