TINGKAT DAYA SAING, KEUNTUNGAN DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHA AYAM RAS PETELUR DI KABUPATEN BLITAR

BAGAS GANA UTAMA, 041411131088 (2019) TINGKAT DAYA SAING, KEUNTUNGAN DAN DAMPAK KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP USAHA AYAM RAS PETELUR DI KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (25kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komoditas telur ayam ras merupakan salah satu komoditas pangan hewani yang bernilai gizi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terkait usaha ayam ras petelur di Kabupaten Blitar. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui survey ke 30 peternak responden di 3 kecamatan yaitu Kademangan, Srengat dan Ponggok dan data sekunder diperoleh melalui intansi terkait seperti Badan Pusat Statistik dan Dinas Peternakan. Metode analisis yang digunakan Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil analisis PAM menunjukkan bahwa usaha ini memiliki keuntungan privat dan sosial serta keunggulan kompetitif dan komparatif sebagai indikator daya saing dan efisiensi. Kebijakan pemerintah tidak berpengaruh karena usaha ayam ras petelur tetap berdaya saing. Analisis sensitivitas menunjukkan keuntungan dan daya saing usaha ayam ras petelur yang sensitif terhadap perubahan nilai tukar rupiah terhadap US Dollar, kenaikan tarif impor komoditas, dan perubahan harga komoditas baik secara domestik maupun internasional. Studi ini menyarankan bahwa peternak perlu membentuk kelembagaan sosial maupun ekonomi yang difasilitasi oleh pemerintah demi meningkatkan produktivitas usaha ayam ras petelur di Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 61/19 Far p
Uncontrolled Keywords: competitiveness, profitability, government policy, Sensitivity, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
BAGAS GANA UTAMA, 041411131088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Eko Afiatno, SEUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:43
Last Modified: 09 Apr 2019 04:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item