EFEKTIVITAS DIRECT INSTRUCTIONAL FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SIGHT WORD PADA ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL RINGAN

CITRAWANTI OKTAVIA, 111614153001 (2019) EFEKTIVITAS DIRECT INSTRUCTIONAL FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SIGHT WORD PADA ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL RINGAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak1.pdf

Download (67kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh siswa dalam pendidikan termasuk siswa dengan retardasi mental ringan. Bagi siswa dengan retardasi mental ringan membaca bukanlah hal yang mudah karena keterbatasan kognitif yang dimilikinya namun di sekolah dasar metode mengajarkan membaca masih mengunakan metode yang seragam tanpa memperhatikan keterbatasan anak dengan retardasi mental ringan dan belum menggunakan strategi khusus untuk mengajar membaca siswa dengan retardasi mental ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas direct instructional flashcard untuk meningkatkan pembelajaran membaca sight word pada anak dengan retardasi mental ringan. Penelitian ini merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Joseph dan Nist (2006) yang menunjukkan bahwa DI Flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dikarenakan konsistensi dalam pengajaran yang diajarkan secara langsung, mengalami proses pengulangan yang eksplisit dan langsung mendapatkan koreksi ketika siswa membaca dengan tidak benar sehingga meningkatkan kemampuan membaca terutama dalam aspek kecepatan membaca dan akurasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest post test. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak empat orang siswa dengan retardasi mental ringan. Penelitian ini terdiri dari 15 sesi intervensi untuk mengajarkan 30 sight word. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi direct instructional flashcard efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca sight word siswa dengan retardasi mental ringan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 13/19 Okt e
Uncontrolled Keywords: reading, sight word, direct instructional flashcard, mild mental retardation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
CITRAWANTI OKTAVIA, 111614153001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerdina Indrijati, , M.Psi, PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 05:07
Last Modified: 09 Apr 2019 05:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81717
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item