PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN KELUARGA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU RINGAN DI SEKOLAH INKLUSIF

Lana Pratiwi Rukmana Sutoyo, 111614253018 (2019) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN KELUARGA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNARUNGU RINGAN DI SEKOLAH INKLUSIF. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (179kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lana Pratiwi Rukmana Sutoyo, 111614253018, Pengaruh Dukungan Keluarga dan Konsep diri terhadap Keterampilan Sosial Anak Tunarungu di Sekolah Inklusif, Tesis, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dukungan keluarga dan Konsep diri pada keterampilan sosial anak tunarungu di sekolah inklusif. Definisi dukungan keluarga dalam penelitian ini menggunakan teori dari Caplan (1976) , definisi Konsep diri menggunakan teori dari Callhoun & Acocella (1995) dan definisi keterampilan sosial menggunakan teori dari Caldarella & Merrel (2003) Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa pada 15 SMPinklusif di Surabaya dan Sidoarjo. Alat Pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala dukungan keluarga yang disusun penulis berdasarkan teori Caplan (1976), skala konsep diri yang disusun penulis berdasarkan teori Callhaoun & Acocella (1995) dan skala keterampilan sosial disusun berdasarkan teori Caldarella & Merrel (2003). Reliabilitas skala dukungan keluarga sebesar 0,913 skala konsep diri sebesar 0,969 dan skala keterampilan sosial sebesar 0,892. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh pengaruh dukungan keluarga dan konsep diri terhadap keterampilan sosial pada anak tunarungu dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai R sebesar 0,983 dan R square sebesar 0,966 Hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel dukungan keluarga dan konsep diri sebesar 96,6 % sedangkan sisanya 3,4 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 17/19 Sut p
Uncontrolled Keywords: social skill, family support, self-concept
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB531-619 Domestic relations. Family law
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Lana Pratiwi Rukmana Sutoyo, 111614253018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWiwin Hendriani, Dr., S.Psi., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 05:24
Last Modified: 09 Apr 2019 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81721
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item