PENGARUH MEMBRAN AMNION KERING TERHADAP BURSTING PRESSURE PADA ANASTOMOSIS KOLON PRIMER DENGAN KONDISI INFEKSI INTRAPERITONEAL (STUDI PADA TIKUS WISTAR)

Paramita Myrna Listiyani, NIM011218076304 (2018) PENGARUH MEMBRAN AMNION KERING TERHADAP BURSTING PRESSURE PADA ANASTOMOSIS KOLON PRIMER DENGAN KONDISI INFEKSI INTRAPERITONEAL (STUDI PADA TIKUS WISTAR). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.IB. 05-19 Lis p Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IB. 05-19 Lis p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Angka kebocoran anastomosis pasca operasi kolorektal masih tinggi, sehingga keputusan anastomosis primer pada kondisi peritonitis sekunder (bakterial) masih kontroversial. Kekuatan mekanis dan integritas anastomosis dapat dievaluasi melalui tensile strength dan bursting pressure. Membran amnion mudah didapat, mudah diproses, dan murah. Selain itu, membran amnion bersifat antibakteri, mencegah keradangan, serta membantu epitelialisasi dan penyembuhan luka. Membran amnion belum diteliti manfaatnya dalam melindungi anastomosis. Metode: Digunakan tiga puluh dua tikus Wistar (Rattus norvegicus) dalam penelitian ini, enam belas tikus pada kelompok kontrol dan enam belas tikus pada kelompok perlakuan. Dilakukan caecal ligation puncture (CLP) untuk membuat kondisi peritonitis pada kedua kelompok, lalu dilakukan reseksi dan anastomosis kolon kiri. Balutan membran amnion ditambahkan pada anastomosis kelompok perlakuan. Semua tikus dikorbankan pada hari ketujuh pasca operasi kemudian dilakukan evaluasi bursting pressure. Hasil: Bursting pressure pada kelompok dengan membran amnion lebih tinggi signifikan dibandingkan kelompok kontrol (p < 0,05). Kesimpulan: Balutan membran amnion pada anastomosis kolon mencegah efek merugikan peritonitis sekunder (bakterial) secara signifikan serta memberikan anastomosis yang lebih kuat dan aman dibandingkan jahitan primer saja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IB. 05-19 Lis p
Uncontrolled Keywords: Membran amnion, penyembuhan anastomosis, bursting pressure, anastomosis kolon, infeksi intraperitoneal
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
Paramita Myrna Listiyani, NIM011218076304NIM011218076304
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGB Adria Hariastawa, dr., Sp.B, Sp.BA(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:31
Last Modified: 09 Apr 2019 10:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81728
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item