PERBANDINGAN INFORMASI HASIL CITRA ORGAN PELVIS PADA WANITA MENGGUNAKAN MODALITAS CT SCAN DAN MRI

IRARABIATUL HIJAZIAH, 151610383077 (2019) PERBANDINGAN INFORMASI HASIL CITRA ORGAN PELVIS PADA WANITA MENGGUNAKAN MODALITAS CT SCAN DAN MRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pemeriksaan organ pelvis wanita dapat dilakukan dengan menggunakan modalitas ultrasonography (USG), CT Scan dan MRI. Ketiga modalitas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam mengevaluasi organ pelvis wanita. Pemeriksaan menggunakan MRI mampu memberikan informasi citra yang lebih optimal. Di rumah sakit Universitas Airlangga pemeriksaan organ pelvis masih banyak menggunakan CT Scan. Berdasarkan hal tersebut maka peneitian ini dilakukan untuk membandingkan organ pelvis menggunakan modalitas CT Scan dan MRI. Tujuan: Untuk mengetahui perbandingan informasi hasil citra organ-organ pelvis wanita dengan menggunakan modalitas CT Scan dan modalitas MRI Bahan dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan deskiptif dilakukan secara retrospektif. Menggunakan total sampling pada seluruh pasien CT Scan abdomen kontras wanita tahun 2016-2018 dan MRI tanpa kontras wanita tahun 2015-2018 di rumah sakit Universitas Airlangga Surabaya. Diperoleh data sebanyak 64 sampel yang terdiri dari 32 sampel CT Scan abdomen kontras dan 32 sampel MRI pelvis tanpa kontras. Seluruh sampel di observasi oleh dua responden menggunakan kuesioner likert dan setiap responden menilai informasi organ dari masing-masing hasil citra modalitas CT Scan dan MRI. Selanjutnya hasil observasi kuesioner kedua responden akan dianalisa dan ditampilkan menggunakan tabel. Hasil: MRI tanpa kontras pada sekuens T2WI memberikan interpretasi hasil citra keseluruhan pada organ pelvis wanita lebih baik dengan rata-rata persentase sebesar 84.90%. Sedangkan interpretasi hasil citra pada CT Scan dengan kontras memiliki rata-rata persentase sebesar 47,78%. Kesimpulan: Modalitas MRI memberikan hasil yang sangat baik dalam menginterpretasikan citra organ pelvis wanita dibandingkan dengan CT Scan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FV RD 06/16 Hij p
Uncontrolled Keywords: Female pelvic organs, Contrast abdominal CT Scan, Pelvic MRI without contrast.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG211-483 Abnormalities and diseases of the female genital organs
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Radiologi
Creators:
CreatorsEmail
IRARABIATUL HIJAZIAH, 151610383077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAnggraini Dwi S, Dr. Hj. ,dr.,Sp.Rad (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2019 02:17
Last Modified: 11 Apr 2019 02:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81765
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item