ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP BAHAYA RADIASI SINAR-X (Studi di Unit CT Scan GDC Dr. Soetomo Surabaya)

NUR AISYAH ARIE, 151610383083 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP BAHAYA RADIASI SINAR-X (Studi di Unit CT Scan GDC Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (158kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 April 2022.

Download (746kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kurangnya sosialisasi mengenai dampak bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi yang dikeluarkan alat CT Scan, sehingga tingkat pengetahuan pasien masih kurang. Tujuan dari dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan pasien terhadap bahaya radiasi sinar-X pada saat dilakukan pemeriksaan CT Scan. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain crossectional. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan pasien mengenai bahaya radiasi sinar-X pada saat dilakukan pemeriksaan CT Scan. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner terhadap 85 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian didapat bahwa sebanyak 64% responden memiliki pengetahuan baik tentang bahaya radiasi sinar-x. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan jenis kelamin (p=0,000), usia (p=0,001), pendidikan (p=0,000) dan pekerjaan (p=0,015). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan pasien mengenai bahaya radiasi sinar-x pada saat dilakukan pemeriksaan CT Scan hasil yang didapatkan pada kategori baik. Diharapkan penelitian lebih lanjut mengenai sebelum dan sesudah pemberian penyuluhan tentang bahaya radiasi sinar-x pada pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FV RD 13/19 Ari a
Uncontrolled Keywords: knowledge factor, radiation hazard, x-rays
Subjects: Q Science > QC Physics > QC901-913.2 Temperature and Radiation
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Radiologi
Creators:
CreatorsEmail
NUR AISYAH ARIE, 151610383083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRisalatul Latifah, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2019 02:49
Last Modified: 11 Apr 2019 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81772
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item