Dinamika Politik Lokal dalam Praktek Perebutan Salah Satu Sosok di Tingkat Lokal (Studi tentang Sucipto Si Anak Singkong)

Sherly Nur Nafisah, 071511333075 (2019) Dinamika Politik Lokal dalam Praktek Perebutan Salah Satu Sosok di Tingkat Lokal (Studi tentang Sucipto Si Anak Singkong). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.06 19 Naf d.pdf

Download (76kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.06 19 Naf d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.06 19 Naf d.pdf

Download (192kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan berfokus pada dinamika politik lokal yang terjadi di Kabupaten Malang terkait rekrutmen politik yang dilakukan oleh partai-partai politik di Kabupaten Malang sendiri. Penelitian ini menjadi penting untuk diulas karena membahas mengenai dinamika rekrutmen politik yang sedang heboh terjadi di Kabupaten Malang. Dimana rekrutmen yang dilakukan oleh partai-partai politik di Kabupaten Malang memfokuskan kepada salah satu kalangan khusus yakni kalangan pengusaha-pengusaha lokal. Dalam skripsi ini, kasus yang dibahas adalah mengenai salah satu pengusaha lokal di Kabupaten Malang yang menjadi idaman serta incaran bagi beberapa partai politik. Pengusaha tersebut bernama Sucipto, yang mana ia adalah pengusaha makanan ringan keripik singkong “lumba-lumba” yang namanya sudah tidak asing di telinga masyarakat Kabupaten Malang. Disini penulis juga memfokuskan kepada empat partai politik yang ada di Kabupaten Malang untuk mencari data terkait kasus yang diangkat yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Selain itu untuk menambah data lebih akurat, penulis juga mencari data dari tokoh masyarakat yang memang memiliki kedekatan dengan Sucipto yaitu Bapak Gatot selaku tokoh masyarakat serta saudara dekat Sucipto dan Bapak Sugeng Pujianto selaku tokoh masyarakat dan mempunyai hubungan dekat dengan Sucipto pula. Kasus ini dibahas karena penulis ingin mengetahui bagaimana Sucipto selaku pengusaha lokal bisa menjadi incaran dan diperebutkan oleh beberapa partai politik terlebih keempat partai politik diatas dan juga karena melihat bagaimana tanggapan dari Sucipto sendiri melihat banyaknya tawaran dari beberapa partai politik serta melihat bagaimana relasi atau hubungan yang terjalin antara Sucipto dengan keempat partai politik diatas. Untuk membantu menganalisis data yang diperoleh, peneliti memakai teori agen yang meminjam kerangka berfikirnya Anthony Giddens.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.06/19 Naf d
Uncontrolled Keywords: Dinamika Politik Lokal, Pengusaha Lokal, Partai Politik, Rekrutmen Politik
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Sherly Nur Nafisah, 071511333075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWisnu Pramutanto P., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:18
Last Modified: 12 Apr 2019 01:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81796
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item