Strategi Pemasaran Politik Partai Perindo Menuju Pemilu 2019 di Jawa Timur

Indra Ikrimah Fauziah, 071411331040 (2019) Strategi Pemasaran Politik Partai Perindo Menuju Pemilu 2019 di Jawa Timur. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.22 19 Fau s.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.22 19 Fau s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.22 19 Fau s.pdf

Download (191kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Demokrasi menghadirkan pemasaran politik sebagai formula partai atau kandidat untuk meraup suara. Perindo merupakan salah satu partai baru di pemilu 2019 yang menetapkan target yang cukup tinggi untuk pemilu, khususnya di Jawa Timur. Perindo perlu menggunakan teknik pemasaran politik agar kader-kadernya masuk menjadi wakil rakyat. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi Perindo dalam pemasaran politik di Jawa Timur menuju pemilu 2019. Kualitatif dan deskriptif adalah karakter penelitian ini. Teori strategi pemasaran politik menggunakan konsep Hirst dan Smith dengan tahapan segmentasi, targetting dan positioning. Bauran pemasarannya terdiri dari produk, promosi, tempat dan harga berdasarkan konsep Niffenegger.Berdasarkan temuan lapangan Perindo belum melakukan segmentasi, targetting dan positioning sesuai dengan konsep strategi pemasaran politik. Hal ini juga berdampak pada bauran pemasaran yang berisi 4P. Perindo memang memiliki banyak program namun programnya bersifat responsif dan belum ada program politik atau janji politik yang sifatnya mengarah pada pembangunan atau jangka panjang. Hal ini akan dikhawatirkan berdampak pada pemilu 2019 yang memiliki batas ambang 4 persen dan berdasarkan survey elektabilitas Perindo stagnan di angka 1-2 persen secara nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.22/19 Fau s
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Politik, Pemilu 2019, Perindo, Jawa Timur.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Indra Ikrimah Fauziah, 071411331040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAli Sahab, S.IP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:25
Last Modified: 15 Apr 2019 03:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81850
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item