SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU SMA WACHID HASYIM 3 SEDATI SIDOARJO

ATHIYA ALMAS RONA, 151511513032 (2019) SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU SMA WACHID HASYIM 3 SEDATI SIDOARJO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (69kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat program yang dapat menangani proses pendaftaran, pembayaran biaya pendidikan, daftar ulang, dan laporan berbasis web di SMA Wachid Hasyim 3 Sedati Sidoarjo sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya penyalahgunaan. Sistem ini menangani empat proses utama yaitu proses pendaftaran calon siswa baru, daftar ulang siswa baru, pembayaran biaya pendidikan, dan pembuatan laporan. Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Bru SMA Wachid Hasyim 3 Sedati Sidoarjo dibutuhkan lima tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram (Docflow), Hierarchy Chart yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 13 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 13 tabel. Proses selanjutnya mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah menggambarkan sistem dengan bagan alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem yang dimulai dari proses pembuatan kuesioner evaluasi, proses pengisian kuesioner evaluasi, dan proses pembuatan laporan evaluasi. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, sistem informasi yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis di SMA Wachid Hasyim 3 Sedati Sidoarjo yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis yang ada secara efisien dan dapat menampilkan laporan sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV SI 10/19 Ron s
Uncontrolled Keywords: Information System, Registration, Re-registration, payment tuition
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA398 Registration of physicians, pharmacists, etc
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ATHIYA ALMAS RONA, 151511513032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNasa Zata Dina, , S.Kom., M.Kom., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:33
Last Modified: 15 Apr 2019 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item